Hubungan Media Sosial X @ohmybeautybank dengan Perilaku Konsumtif Followers

Puspa Priyandini

Abstract


Dimiliki tujuan pada pelaksanaan penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui hubungan media sosial X @ohmybeautybank dengan perilaku konsumtif followers. Teori yang dipakai pada pelaksanaan penelitian ini yaitu berupa Teori Jarum Suntik (Grand Theory) beserta Teori Uses and Effect (Applied Theory). Penelitian ini memakai sebuah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya berupa asosiatif. Pengambilan sampel yang dilaksanakan yaitu sejumlah 400 orang, melalui metode penghimpunan sampel yang dilaksanakan memakai teknik nonprobability sampling. Metode penghimpunan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis melalui berbagai pengujian misalnya yaitu pengujian validitas, reliabilitas, lalu ada determinasi, kemudian juga ada korelasi Rank Spearman, beserta pengujian tingkatan kesalahan yang sejumlah 5%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman, didapatkan nilai (Sig.) yaitu yang sejumlah 0,000 < 0,05 serta untuk nilai yang ditunjukkan R2 yaitu sejumlah 0,198, dengan itu hipotesis pada pelaksanaan penelitian ini dijumpai suatu hubungan dengan signifikan di antara media sosial X @ohmybeautybank melalui sikap konsumtif followers. Media sosial X @ohmybeautybank secara langsung memberikan kontribusi dengan perilaku konsumtif followers sebesar 19,8%. Sementara itu, sisanya 80,2% dijelaskan atas variabel lainnya di mana tanpa diobservasi pada pelaksanaan penelitian ini.

References


Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu- ilmu Sosial Lainnya. Depok: Prenadamedia Group.

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (13 ed.). Depok: Raja Grafindo Persada.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Mayfield, A. (2008). What is Social Media? London: iCrossing.

Perdana, K. E. (2021). Analisa Model Komunikasi Lasswell pada Halaman “@Aswaja_Sunda” dalam Mempertahankan Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah Di Media Instagram, 5(1).

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1): 446–452. https://doi.org/10.31004/basi cedu.v5i1.787

Rasyd, A. H., Rauf, A., & Saleh, Y. (2024). Economics and Digital Business Review Interaksi Partisipatif Antara Penyuluh Pertanian Dan Kelompok Tani Menuju Kemandirian Petani Desa Bongoime. 5(1): 28–38.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.