Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan di Korea Healthy Life Center Martapura

Egidia Sekar Sari Pradana

Abstract


Korea Healthy Life Center Martapura merupakan sebuah perusahaan penjualan alat terapi dari Korea Selatan, setiap harinya Korea Healthy Life Center Martapura juga membuka terapi gratis yang bagi semua orang yang berlokasi di Jl. Menteri Empat, Kelurahan Kraton, Martapura. Dalam pelayanannya, seluruh pelanggan dilayani oleh staf guru dengan sepenuh hati. Staf guru adalah karyawan yang ada di Korea Healthy Life yang bertugas untuk mendampingi dan mengoperasikan alat terapi. Dalam proses terapi para staf guru berupaya melakukan komunikasi terapeutik dengan baik, sehingga menunjang kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik yang diterapkan oleh staf guru di Korea Healthy Life Center Martapura dengan tingkat kepuasan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 243 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling (simple random sampling). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman dengan derajat kesalahan 5%. Hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai Sig = 0,000 < 0,05,sehingga dalam penelitian ini hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pelanggan di Korea Healthy Life Center Martapura.

Full Text:

PDF

References


Astutik, A. R. (2018). Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Melati RSUD Bangil. Jombang: Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.

Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Junaedi, F., & Sukmono, F. G. (2018). Komunikasi Kesehatan: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mubyl, M., & Latief, F. (2019). Peranan Indikator-Indikator Keterampilan Komunikasi Terapeutik dalam Memprediksi Kepuasan Kerja Perawat RSJ Negeri di Makassar. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(2): 2-22.

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prasetyo Kusumo, M. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1): 72–81.

Puspitasari, T. I. (2021). Pengaruh Daya Saing, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Harga yang Kompetitif Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Kara Esthetique Jakarta). Doctoral dissertation: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Ra'uf, M. (2021). Komunikasi Terapeutik Perawat pada Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Kasus di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Jurnal Terapung: Ilmu-ilmu Sosial, 3(2): 37-46.

Sinambela, L., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, A. H., & Yahya, S. Z. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Martha Friska Medan. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 12(1): 9-14.

Siti, M., Zulpahiyana, Z., & Indrayana, S. (2016). Komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan kepuasan pasien. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia)(Indonesian Journal of Nursing and Midwifery), 4(1): 30-34.

Sunarto, R. (2014). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H., & Ginting, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan, Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(2): 58-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.