Pengaruh Media Sosial Marketing Instagram terhadap Brand Awareness Produk di CLA Coffee Banjarmasin

Fahmi Noryahya

Abstract


Media sosial penting dalam melakukan pemasaran dalam bentuk komunikasi kepada konsumen karena dengan adanya komunikasi yang baik maka konsumen akan mengenal dan memperhatikan produk yang akan mereka beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial marketing Instagram terhadap brand awareness produk di CLA Coffee Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif. Populasi pengguna Instagram di CLA Coffee Banjarmasin yaitu 929 orang. Dengan teknik purposive sampling maka sampel penelitian ini 280 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji T dan uji determinasi. Hasil penelitian diketahui terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel (X) dengan variabel (Y) dengan hasil analisis menunjukkan bahwa uji determinasi diketahui bahwa tabel di atas menunjukan bahwa output SPSS versi 25.0 terlihat bahwa nilai R Square yaitu sebesar 0.645 (67,1%) (Tinggi), di mana nilai koefisien pengaruh ini menunjukkan bahwa ada antara pengaruh variabel independen marketing media sosial Instagram dengan variabel dependen Brand awareness produk. Untuk melakukan uji-t digunakan tabel coefficient, seperti yang telah tercantum pada tabel di atas. Berdasarkan data tabel 4.17 diperoleh t-hitung sebesar 22.453 pada tingkat sig sebesar 0,000.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, & Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran (Edisi Kesembilan). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2007). Marketing an Introduction (Eight Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian (Edisi I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafied, C. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, O., U. (1997). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fill, C. (2002). Marketing Communications: Contexts, Contents and Strategy. Financial Time Prentice Hall.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (Edisi 7). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gianini, G., T. (2010). Marketing Public Relations A Marketer’s Approach to Public Relations and Social Media. Pearson Education.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Jalaludin, R. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Komala, L. (2009). Ilmu Komunikasi Persfektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kotler, P., & Keller, K., L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid I, Edisi 13). Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K., L. (2013). Manajemen Pemasaran (Jilid II). Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Morissan. (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Bandung: Ghalia Indonesia.

Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Muslimin. (2004). Hubungan Masyarakat dan Konsep Kepribadian. Malang: UMM Press.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nofrion, (2016). Komunikasi Pendidikan (Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran). Jakarta: Kencana.

Nurudin, (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rangkuti, F. (2002), Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus: Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan, S. (2017). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis (Cetakan 9). Bandung: Alfabeta.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi & Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Handoko, T., H. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.