Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

Yusuf Wijaya Al-farisy

Abstract


TikTok merupakan media komunikasi berbasis internet di mana para penggunanya dapat terus berinteraksi tanpa ada batas ruang dan waktu yang menjadi penghambat interaksi manusia pada zaman dulu. Sekarang, banyak orang yang waktunya disita oleh aplikasi TikTok, karena TikTok dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Aplikasi TikTok juga merupakan salah satu media sosial yang paling banyak diunduh dan digunakan oleh kalangan mahasiswa sekarang ini. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 30.298 orang. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate simple random sampling dengan sampel sebanyak 395 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang didukung dengan wawancara pendahuluan dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Berikut hasil penelitian dari uji hipotesis dengan menggunakan uji signifikan secara simultan (Uji F) dengan nilai sebesar 1,617 dan signifikansi 0,204 > 0,05, uji koefisien determinan (Uji R2) dengan nilai sebesar 0,002 atau 2% dengan keterangan memiliki hubungan yang sangat rendah karena nilai skala interval 0,00-0,19. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok tidak berpengaruh signifikan dan memiliki kontribusi yang sangat rendah terhadap perilaku kecanduan mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Akhmad, B. A. (2018). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 1675-1682.

Cangara, H. (2011). Pangantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cangara, H. (2018). Pengantar Pengantar Ilmu Komunikasi. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2): 12-24.

Gerungan, W. A. (2000). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2): 70-80.

Kartini, K., Harahap, I. A., Arwana, N. Y., & Rambe, S. W. T. B. (2022). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2): 136-140.

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Informasi dan Media Baru; Implikasi Terhadap Teori Komunikasi. Jurnal Mediator.

Martono, N. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. Netherlands: SAGE Publications.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1): 36-44.

Nora, H. Y., Latief, M. C., & Setiawan, Y. B. (2016). Fungsi Komunikasi Massa Dalam Televisi. Jurnal The Messenger 4(1): 1-9.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.

Nurudin. (2010). Dasar-dasar Penulisan. UMM Press.

Rahmawati, S. (2018). Fenomena Pengguna Aplikasi TikTok Dikalangan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung. Doctoral dissertation: Perpustakaan.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuljannah, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Doctoral dissertation: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Widyatama, R. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.