PENGARUH METODE PENDINGINAN MESIN SEPEDA MOTOR SUZUKI NEX TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG

Baimy Alexander, Muhammad Arsad Al Banjari

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menilai dampak sistem pendinginan terhadap emisi gas buang dan penggunaan bahan bakar pada sepeda motor. Metode penelitian melibatkan pengujian eksperimen dengan tiga variasi pendinginan, yaitu penggunaan pendinginan normal, semburan udara, dan selimut air. Sepeda motor yang digunakan dalam pengujian adalah Suzuki Nex, dengan parameter RPM diatur pada 3000, 4500, dan 7000, dan penggunaan bahan bakar sejumlah 100 ml selama periode 2 menit. Untuk mengukur emisi gas buang, termasuk CO, CO2, HC, dan O2, digunakan Gas Analyzer, sementara gelas ukur digunakan untuk mengukur sisa bahan bakar yang terpakai. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pendinginan normal memberikan efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode lainnya. Meskipun demikian, sistem pendinginan selimut air dapat mengurangi emisi CO dan HC pada RPM yang tinggi. Sebaliknya, pada RPM yang tinggi, sistem pendinginan semburan udara menunjukkan peningkatan emisi CO dan HC, mengindikasikan efisiensi yang lebih rendah dalam kondisi tersebut. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak sistem pendinginan terhadap emisi gas buang dan penggunaan bahan bakar pada sepeda motor.

 

This research is intended to assess the impact of the cooling system on exhaust gas emissions and fuel usage in motorcycles. The research methodology involves experimental testing with three cooling variations: normal cooling, air injection, and water jacket. The motorcycle used in the testing is the Suzuki Nex, with RPM parameters set at 3000, 4500, and 7000, and fuel usage of 100ml over a 2-minute period. A Gas Analyzer is employed to measure exhaust gas emissions, including CO, CO2, HC, and O2, while a measuring cup is used to gauge the remaining fuel. The test results indicate that the normal cooling system provides better fuel consumption efficiency compared to other methods. However, the water jacket cooling system can reduce CO and HC emissions at high RPMs. Conversely, at high RPMs, the air injection cooling system shows an increase in CO and HC emissions, indicating lower efficiency in those conditions. This research provides a deeper understanding of the impact of the cooling system on exhaust gas emissions and fuel usage in motorcycles.


Keywords


Sistem Pendinginan; Emisi Gas Buang; Konsumsi Bahan Bakar; Sepeda Motor; Pengujian Eksperimen

Full Text:

PDF

References


Ambarita, H. (2017). Pengujian Mesin Diesel yang Dimodifikasi Menjadi Berbahan Bakar Gas LPG. dupakdosen.usu.ac.id.

Anggoro, M. B., Armila, A., & ARIEF, R. K. (2021). Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 2(2).

Aprilyanti, S., Madagaskar, M., & Suryani, F. (2020). Pengaruh penambahan bioetanol dari mahkota nanas terhadap emisi gas buang pada mesin motor 4 langkah. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 9(2), 147-153.

Ariawan, I. W. B., Kusuma, I. G. B., & Adnyana, I. B. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi, Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. J. METTEK, 2(1), 51-58.

Gusniar, I. N., & Dirja, I. (2023). The Effect of Continuous Variable Transmission Spring Variation on 110 CC 4 Stroke Fuel Motor. Jurnal Mesin Nusantara, 6(1).

Hadi, N., & Ghofur, A. (2020). Penggunaan Kaolin Dengan Aditif Tembaga Sebagai Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Dan Performa Satria F 150. JTAM ROTARY, 2(1), 23-38.

Hasan, I. (2016). Penggunaan Bahan Bakar Gas Terhadap Sistim Bahan Bakar Injeksi Dan Menggunakan Selenoid Valve 12 Volt Sebagai Pengaman Untuk Konversi Energi Alternatif Pada Sepeda Motor Yang Ramah Lingkungan. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 7(01), 81-86.

Jusnita, J. (2019). Perbandingan Performa Mesin Dengan Menggunakan Sistem Pengapian Ecm Racing Pada Motor New CB 150 Dan Old CB 150. Jurnal Surya Teknika, 6(1), 37-42.

Machmud, S. (2021). Analisis Pengaruh Tahun Perakitan Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Jurnal Mesin Nusantara, 4(1), 21-29.

Marbun, J., & Dahlan, D. (2020). Analisis Sistem Injeksi Air/Metanol Dan Air/Etanol Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas buang. JTM-ITI (Jurnal Teknik Mesin ITI), 4(3), 109-115.

Nugraheni, I. K., & Pratama, M. M. A. (2018). Pengukuran penggunaan bahan bakar biofuel (premium dan bioetanol) terhadap kinerja mesin bensin 4 Tak. Elemen: Jurnal Teknik Mesin, 5(1), 01-06.

Nur, R., & Al Banjari, M. A. (2020). Efektifitas alat pengering tipe box gabah padi (Oryza Sativa L.) terhadap tingkat kadar air. Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, 9(1), 18-24.

Pramayudha, A. W., Gunarko, G., Darmanto, A., & Widiharsa, F. A. (2020). Kaji teoritis EMS (Engine Management System) dengan variasi temperatur air pendingin dan beban kerja pada kondisi stasioner pada kendaraan Toyota Avanza. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 9(2).

Prasetyo, I., Sarjito, S., & Effendy, M. (2019). Analisa performa mesin dan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan memanfaatkan bioetanol dari bahan baku singkong sebagai bahan bakar alternatif campuran pertalite. Media Mesin: Majalah Teknik Mesin, 19(2), 43-54.

Rhohman, F., Subandriyo, S., & Istiqlaliyah, H. (2018). Analisa posisi derajat tonjolan magnet (trigger magnet) pada konsumsi bahan bakar. Jurnal Mesin Nusantara, 1(1), 42-50.

Sarwuna, S. J. E., Wattimena, W. M., Louhenapessy, J., & Leiwakabessy, A. Y. (2023). ANALISA Penggunaan Tipe Busi Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Efektif Sepeda Motor Kapasitas 135CC. Journal Teknik Mesin, Elektro, Informatika, Kelautan dan Sains, 3(2), 36-43.

Setiawan, J., & Ghofur, A. (2021). Pengaruh Bahan Bakar Pertalite Murni Dengan Campuran Bahan Bakar Premium Dan Pertamax Terhadap Performance Emisi Gas Buang Pada Motor Honda Beat 2017. JTAM ROTARY, 3(2), 191-202.

Sriyanto, J. (2018). Pengaruh tipe busi terhadap emisi gas buang sepeda motor. Automotive Experiences, 1(03), 64-69.

Subekti, R. A. (2016). Pengaruh Laju Aliran Bahan Bakar CNG pada Performa Mesin Kendaraan Bermotor. Jurnal Teknologi Bahan Dan Barang Teknik, 6(2), 65-74.

Winangun, K., Putra, W. T., Buntoro, G. A., Nirmala, A., & Puspitasari, I. (2020, December). Performance and engine exhaust emissions in a mixture of pertamax with PET plastic oil. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 980, No. 1, p. 012059). IOP Publishing.

Yuwono, I., & Arifin, A. C. (2018). Studi Eksperimen Rekayasa ECU Pada Sepeda Motor untuk Pemakaian Bahan Bakar Etanol 95 Persen. Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE), 3(2), 195-198.




DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v6i1.11478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTAM ROTARY

Editorial Address

Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.

HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)

E-mail: j[email protected], [email protected][email protected]

Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary

Lisensi Creative Commons
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty,  Universitas Lambung Mangkurat