PENGARUH PANJANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR INJEKSI 108 CC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh panjang intake manifold terhadap performa mesin sepeda motor 108 cc. Metode uji coba dilakukan menggunakan dynotest pada intake manifold dengan variasi panjang 7 cm, 5,3 cm dan 4,2 cm. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perbedaan panjang intake manifold berpengaruh pada karakteristik kinerja mesin, di mana intake manifold 7 cm memberikan torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih rendah, sementara intake manifold 4,2 cm memberikan daya yang lebih besar pada putaran mesin yang lebih tinggi. Selain itu, penelitian ini juga mengamati konsumsi bahan bakar dari 3 variasi panjang intake manifold. Hasilnya menunjukkan bahwa intake manifold 7 cm lebih irit dalam konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan intake manifold yang lebih pendek. Panjang intake manifold mempengaruhi secara signifikan kinerja mesin sepeda motor 108 cc, dengan intake manifold panjang lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan torsi lebih besar pada putaran mesin rendah, sementara intake manifold pendek lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan daya lebih besar pada putaran mesin tinggi.
This research aims to investigate the effect of intake manifold length on the performance of a 108 cc motorcycle engine. The testing method was conducted using dynotest on intake manifolds with variations in lengths of 7 cm, 5.3 cm, and 4.2 cm. The test results show that there is a difference in intake manifold length affects the engine performance characteristics, wherein the 7 cm intake manifold provides greater torque at lower engine speeds, while the 4.2 cm intake manifold provides greater power at higher engine speeds. Additionally, this study also observed the fuel consumption of the 3 intake manifold length variations. The results show that the 7 cm intake manifold is more fuel-efficient compared to the shorter intake manifolds. Intake manifold length significantly influences the performance of a 108 cc motorcycle engine, with longer intake manifolds being more suitable for applications requiring greater torque at lower engine speeds, while shorter intake manifolds are more suitable for applications requiring greater power at higher engine speeds.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Massara, A., & Wicaksono, A. (2018). Peran Sepeda Motor Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah Di Kota Makassar. Jurnal Transportasi, 18(3), 161–168. https://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/3152
Muliady, R., Arif, A., Putra, D. S., & Setiawan, M. Y. (2024). Analisis Penambahan Turbo Elektrik Terhadap Unjuk Kerja Pada Mesin Sepeda Motor Injeksi. MSI Transaction on Education, 5(2), 57-70.
Mrđa, P. D., Petrović, V., Đinić, S., & Kitanović, M. (2015). Development Of Continuously Variable Intake Manifold For Formula Student Racing Engine. Mobility & Vehicle Mechanics, 41(3), 21–38. https://machinery.mas.bg.ac.rs/handle/123456789/4772
Najib, M. S. A., Harly, M., & Paryono, P. (2023). Pengaruh Panjang Intake Runner Pada Honda 4 Stroke 200 Cc Terhadap Akselerasi. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 7(1), 59. https://doi.org/10.17977/um074v7i12023p59-66
Rizki Fajarudin, Agus Wibowo, & A. F. (2016). Analisa Modifikasi Intake Manifold Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor 4 Tak 110cc. Universitas Pancasakti, Tegal, 12 no 1(April 2016), 36.
Rohman, F., & Adiwibowo, P. H. (2017). Modifikasi Intake Manifold Dengan Variasi Sudut Putar Terhadap Emisi Gas Buang Honda Supra X Tahun 2002. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(01), 122–128. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/15/article/view/21303
Rokhman, K. N., Sumarli, S., & Paryono, P. (2021). Pengaruh Modifikasi Ukuran Lubang Intake Manifold Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Performansi Kendaraan Sepeda Motor Honda 4 Tak 125Cc. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(2), 7. https://doi.org/10.17977/um074v5i22021p7-12
Saputro, W. A., & Roziqin, A. (2021). Modifikasi Panjang Intake Manifold Terhadap Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Tipe K03. Automotive Science and Education Journal, 9(1), 25–30. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
Sunaryo, S., & Gunawan, L. Van. (2021). Pengaruh Sudut Intake Manifold Terhadap Peningkatan Daya, Torsi Dan Kecepatan Akselerasi Pada Sepeda Motor. Device, 11(2), 58–66. https://doi.org/10.32699/device.v11i2.2243
Van Basshuysen, R., & Schäfer, F. (Eds.). (2016). Internal combustion engine handbook. SAE International.
DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v6i2.12529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTAM ROTARY
Editorial Address
Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University
Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.
HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)
E-mail: j[email protected], [email protected], [email protected]
Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Universitas Lambung Mangkurat