PENGARUH MODIFIKASI KOMPRESI RUANG BAKAR PADA MOBIL HEMAT ENERGI

Ikhsan Wahyudi, Khairi Humaidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan bahan bakar khusus dari sepeda motor 4 langkah yang telah dimodifikasi dengan rasio kompresi 9,2 : 1, menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Penelitian ini dilakukan melalui metode eksperimen yang melibatkan sepeda motor Honda Beat FiData hasil penelitian dianalisis melalui tiga percobaan dengan RPM 1500, 2500, dan 3000. Setiap percobaan menggunakan 100 ml bahan bakar pertalite untuk mengevaluasi konsumsi bahan bakar, yang kemudian dihitung. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan konsumsi bahan bakar spesifik dari ketiga variasi penggunaan RPM saat berkendara. Percobaan pertama dilakukan pada rentang RPM 1000-1500 dengan beban total kendaraan 200 Kg, menghasilkan konsumsi bahan bakar 2,3 Km/100 ml (23 Km/L) pada kecepatan 11 Km/j. Percobaan kedua pada rentang RPM 1500-2500 dengan beban yang sama menghasilkan konsumsi 3,5 Km/100 ml (35 Km/L) pada kecepatan 40 Km/j. Percobaan ketiga pada rentang RPM 2500-3000 dengan beban yang sama menghasilkan konsumsi 3,2 Km/100 ml (32 Km/L) pada kecepatan 65 Km/j. Penurunan RPM secara signifikan mempengaruhi konsumsi bahan bakar, di mana semakin rendah RPM, semakin tinggi kebutuhan bahan bakar.

 

This study aims to compare the specific fuel consumption of modified 4-stroke motorbikes with a compression ratio of 9.2: 1 using pertalite fuel. The experimental method was carried out on a Honda Beat Fi motorbike. The research data was analyzed through three experiments with RPM 1500, 2500, and 3000. Each experiment used 100 ml of pertalite fuel to evaluate fuel consumption, which was then calculated. The research results show that there are differences in specific fuel consumption from the three variations in RPM use when driving. The first experiment was carried out in the RPM range 1000-1500 with a total vehicle load of 200 Kg, resulting in fuel consumption of 2.3 Km/100 ml (23 Km/L) at a speed of 11 Km/h. The second experiment in the RPM range 1500-2500 with the same load resulted in a consumption of 3.5 Km/100 ml (35 Km/L) at a speed of 40 Km/h. The third experiment in the 2500-3000 RPM range with the same load resulted in a consumption of 3.2 Km/100 ml (32 Km/L) at a speed of 65 Km/h. Reducing RPM significantly affects fuel consumption, where the lower the RPM, the higher the fuel requirement.


Keywords


Modifikasi; Kompresi; Ruang bakar; Mobil Hemat Energi

Full Text:

PDF

References


Anggoro, M. B., Armila, A., & Arief, R. K. (2021). Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 2(2).

Anwar, S., Permana, H., & Susanto, I. (2022). Analisa Kinerja Motor Bakar Bensin 4 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Dari Minyak plastik. Metrik Serial Humaniora dan Sains, 3(2), 16-24.

Ariyanto, R. (2018). Perawatan Dan Perbaikan Mesin Yang Digunakan Pada Mobil Hemat Energi” OSCAR” (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Boentarto. (2005). Cara Pemeriksaan, Penyetelan & Perawatan Sepeda Motor. Yogyakarta : Andi.

Christian S, Yohanes. (2016). Pengaruh Variasi Rasio Kompresi Terhadap Prestasi Mesin Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar LPG.

Dharma, U. S., & Wahyudi, T. H. (2015). Pengaruh volume ruang bakar sepeda motor terhadap prestasi mesin sepeda motor 4-langkah. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 4(2).

Fahturozi, S. (2019). Pengaruh penggunaan X-power terhadap Daya dan Torsi pada sepeda motor Yamaha V-ixion.

Laka, O., Nazaruddin, N., & Syafri, S. (2018). Perancangan dan Analisis Statik Sistem Rangka Mobil Hemat Energi “Asykar Hybrid Universitas Riau. Jom FTEKNIK, 5(2), 1-6.

Nugroho, B. Y., Fitriyah, Q., & Yunanto, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertamax Dan Pertalite Pada Motor Bakar Rasio Kompresi 9: 1 Terhadap Emisi Gas Buang. In Prosiding Seminar Nasional NCIET (Vol. 1, No. 1, pp. 20-27).

Purnomo, B. C., & Munahar, S. (2019). Pengaruh Tekanan Kompresi Terhadap Daya dan Torsi Pada Engine Single Piston. Quantum Teknika: Jurnal Teknik Mesin Terapan, 1(1), 14-18.

Rois, Z. I. H., & Dzulfikar, M. (2021). Pemodelan Kendaraan Kontes Mobil Hemat Energi 2021 Berdasarkan Prediksi Konsumsi Bahan Bakar. In Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi (Vol. 1, No. 1).

Sholihin, Y. M., & Arafat, R. (2018, December). Analisa Pengaruh Perubahan Packing Pada Bejana Silinder Terhadap Kompresi Mesin Motor 100 Cc. In Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SemResTek) (pp. 706-710).

Simanungkalit, R., & Sitorus, T. B. (2013). Performansi Mesin Sepeda Motor Satu Silinder Berbahan Bakar Premium dan Pertamax Plus dengan Modifikasi Rasio Kompresi. Jurnal E-Dinamis, 6(1).

Suyanto, W. (1989). Teori Motor Bensin.

Wisesa, B. U., Amin, B., & Alwi, E. (2015). Pengaruh Peningkatan Perbandingan Kompresi Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Sepeda Motor Honda Blade 110 Cc. Automotive Engineering Education Journals, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v6i2.12530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTAM ROTARY

Editorial Address

Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.

HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)

E-mail: j[email protected], [email protected][email protected]

Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary

Lisensi Creative Commons
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty,  Universitas Lambung Mangkurat