PENGARUH JENIS BASE OIL TERHADAP SUHU MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN 4-TAK 100 CC

Muhammad Dwiki Oktarinda, Misbachudin Misbachudin, Raybian Nur

Abstract


Untuk memastikan efisiensi yang optimal dari tenaga yang dihasilkan melalui pembakaran, diperlukan sistem pelumasan yang tepat. Secara umum, fungsi utama pelumas ialah sebagai perantara mengurangi gesekan dan keausan. Sistem pelumasan pada mesin kendaraan penting, karena kualitas sistem pelumasan mempengaruhi kinerja dan umur mesin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi jenis base oil terhadap suhu mesin dan konsumsi bahan bakar pada mesin mobil hemat energi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tiga jenis base oil yaitu oli mineral grup 2, oli semi sintetik, dan oli full sintetik dengan viskositas SAE 10W-30. Pengujian dilakukan pada mesin bensin 4 tak berkapasitas 100cc dengan bahan bakar pertamax. Pengukuran dilakukan pada putaran idle ±1500 rpm selama 10 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis base oil berpengaruh terhadap suhu mesin dan konsumsi bahan bakar. Oli full sintetik memberikan performa terbaik dengan suhu mesin yang lebih rendah dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan dengan oli mineral grup 2 dan oli semi sintetik.

 

To ensure optimal efficiency from the power generated through combustion, an appropriate lubrication system is necessary. In general, the main function of lubricants is to act as intermediaries in reducing friction and wear.  The lubrication system in vehicle engines is crucial as its quality affects the performance and lifespan of the engine. This study aims to analyze the influence of variations in base oil types on engine temperature and fuel consumption in energy-efficient car engines. The research was conducted using three types of base oils: Group 2 mineral oil, semi-synthetic oil, and full synthetic oil, all with a viscosity of SAE 10W-30. Testing was performed on a 100cc 4-stroke gasoline engine using pertamax fuel. Measurements were taken at an idle speed of approximately 1500 rpm for 10 minutes. The results showed that the type of base oil significantly affects engine temperature and fuel consumption. Full synthetic oil provided the best performance with lower engine temperatures and more efficient fuel consumption compared to Group 2 mineral oil and semi-synthetic oil. 


Keywords


Base Oil; Konsumsi Bahan Bakar; Suhu Mesin

Full Text:

PDF

References


Achmad Nauvalil Fachrizal Amin, Ena Marlina, N. R. (2020). Pengaruh Bahan Bakar Pertamax Dan Pertalite Terhadap Mobil Hemat Energi “HAIZUM “. 15, 165–175.

Arisandi, M., Darmanto, & Priangkoso, T. (2012). Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas Pelumas Dan Konsumsi Bahan Bakar. Momentum, 8(1), 56–61.

Daryanto, D. (2008). Teknik Reparasi Dan Perawatan Sepeda Motor. PT. Bumi Aksara.

Ir. Philip Kristanto. (2015). Motor Bakar Torak [Teori & Aplikasinya]. CV. Andi Offset.

Jamaludin, & Sumarno. (2022). Analisis Kelayakan Viskositas Minyak Pelumas Sae 10w-30 Ahm Spx2 Matic , Api-Sl Jaso Pada Motor Pcx 150 Tahun 2018. Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, 6.

Lumbantoruan, P., & Yulianti, E. (2019). Pengaruh Suhu terhadap Viskositas Minyak Pelumas (Oli). Jurnal Sainmatika, 13(2), 26–34.

Nugraha, G. N. (2018). Analisa Kelayakan Umur Pakai Minyak Pelumas Federal Oil Ultratec SAE 20W-50 Berdasarkan Viskositas Kinematik Dan Total Base Number Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125. Program Studi Diploma Iii Departemen Teknik Mesin Industri Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 372, 2499–2508.

Nurlaela, M. P. (2024). Teknik Perawatan dan Perbaikan. Indonesia Emas Group.

Polingala, R., Apriadi, I. G. K., Annelka, E., & Amali, L. K. (2023). Analisa Tegangan Tembus Ac Oli Full Sintetik Dan Semi Sintetik Dengan Variasi Suhu Yang Berbeda. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(5), 1767-1774.

Salafudin, M., Darmanto, D., & Priangkoso, T. (2020). Analisis Pengaruh Viskositas Pelumas Multi Grade Terhadap Karakter Pelumas. Jurnal Ilmiah Momentum, 16(1). https://doi.org/10.36499/mim.v16i1.3347

Siskayanti, R., & Kosim, M. E. (2017a). Analisis Pengaruh Bahan Dasar terhadap Indeks Viskositas Pelumas Berbagai Kekentalan. Jurnal Rekayasa Proses, 11(2), 94–100. http://journal.ugm.ac.id/jrekpros

Siskayanti, R., & Kosim, M. E. (2017b). Analisis Pengaruh Perbedaan Jenis Minyak Lumas Dasar (Base oil) terhadap Mutu Pelumas Mesin. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadyah Jakarta, November, 1–8.

Surbakti, A. (2019). Pengaruh Jenis Oli Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor 125 Cc. PISTON (Jurnal Ilmiah) Teknik Mesin Fakultas Teknik Program Studi Akademi Teknologi Industri Immanuel, XXVII, 863–870.

Wahyu Hidayat, R. S. (2017). Teknologi Baru Motor Bensin dan Standar EURO. CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v6i2.13183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTAM ROTARY

Editorial Address

Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.

HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)

E-mail: j[email protected], [email protected][email protected]

Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary

Lisensi Creative Commons
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty,  Universitas Lambung Mangkurat