PERANCANGAN SEPEDA BERTENAGA SURYA SERTA PENGUJIAN KECEPATAN DAN JARAK TEMPUH DENGAN BERBAGAI JENIS UKURAN GEAR TEETH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi sepeda konvensional dengan menambahkan panel surya, sehingga sepeda dapat menjadi elektrik tetapi tetap dapat digunakan secara manual. Panel surya ditempatkan di belakang pengendara bersama dengan komponen pendukung lainnya, sehingga sepeda dapat berfungsi normal. Penambahan baterai akan meningkatkan jarak tempuh sepeda, dan penambahan panel surya akan mempercepat proses pengisian daya pada baterai. Jumlah cahaya matahari sangat memengaruhi efisiensi panel surya dalam menghasilkan listrik. Saat cahaya matahari sangat terang, proses pengisian menjadi lebih cepat dengan arus sebesar 2,78 Ah dan daya 50,04 watt, serta waktu pengisian selama 7,1 jam. Jika dibandingkan dengan pengisian menggunakan listrik PLN 220 Volt AC dengan daya 414 Watt, waktu pengisian menggunakan cahaya matahari sangat berbeda. Jarak tempuh sepeda dengan energi baterai dari solar cell bervariasi tergantung berat pengendara. Selain itu, faktor ukuran Gear Belakang (Gear Ratio) juga mempengaruhi jarak tempuh; semakin kecil Gear Belakang, semakin tinggi kecepatan dan jarak tempuh sepeda. Sebaliknya, semakin besar Gear Belakang, kecepatan dan jarak tempuh menjadi lebih pendek.
This research aims to modify conventional bicycles by adding solar panels, so that the bicycle can be electric but can still be used manually. The solar panel is placed behind the rider along with other supporting components, so that the bicycle can function normally. Adding a battery will increase the distance the bicycle can travel, and adding solar panels will speed up the battery charging process. The amount of sunlight greatly influences the efficiency of solar panels in producing electricity. When the sunlight is very bright, the charging process is faster with a current of 2.78 Ah and a power of 50.04 watts, and a charging time of 7.1 hours. When compared with charging using PLN 220 Volt AC electricity with 414 Watt power, the charging time using sunlight is very different. The distance traveled by a bicycle powered by a solar cell battery varies depending on the rider's weight. Apart from that, the rear gear size factor (Gear Ratio) also influences the distance traveled; the smaller the Rear Gear, the higher the speed and distance traveled by the bicycle. Conversely, the larger the rear gear, the shorter the speed and distance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, I. P., Kumara, I. S., & Agung, I. G. A. P. R. (2021). Status Perkembangan Sepeda Listrik Dan Motor Listrik Di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM, 8(4), 8-19. https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/82025/42624
Afif, M. T., & Pratiwi, I. A. P. (2015). Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer, Lead Acid Dan Nickel-Metal Hydride Pada Penggunaan Mobil Listrik-Review. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(2), 95-99.
Arinando, L., & Rohman, F. (2020). Desain Dan Analisis Pengaruh Variasi Nilai Beban Dan Kecepatan Laju Kendaraan Terhadap Suhu Kontroler Motor BLDC Pada Purwarupa Kendaraan Listrik. Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 9(2), 183-187. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo.
Green, M. A. (2020). Solar Cells: Operating Principles, Technology, and System Applications. Prentice Hall.
Purwoto, B. H., Jatmiko, J., Fadilah, M. A., & Huda, I. F. (2018). Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(1), 10-14.
Sharma, R. K., & Mehra, R. (2023). "Effect of Solar Radiation Intensity on Charging Time of Batteries." Journal of Renewable Energy Systems, 18(4), 145-155.
Shigley, J. E., Mischke, C. R., & Budynas, R. G. (2014). Mechanical Engineering Design. McGraw-Hill Education.
Sidjabat, S. (2016). Sepeda Sebagai Alat Transportasi Ramah Lingkungan. Jurnal manajemen bisnis transportasi dan logistik, 3(1), 117-122. https://journal.itltrisakti.ac.id/index.php/jmbtl/article/view/926/516.
Tirtana, B. W., Rhohman, F., & Ilham, M. M. (2018). Analisa Perbandingan Variasi Gear Pada Sepeda Motor GL 200 Terhadap Kecepatan. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 2, No. 1, pp. 225-230).
Wibowo, Y. C. (2019). Analisa Pembebanan Pada Motor Brushless DC (BLDC) (Doctoral dissertation, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG).
Wijaya, N. M. A., Kumara, I. N. S., Partha, C. G. I., & Divayana, Y. (2021). Perkembangan Baterai dan Charger untuk Mendukung Pemasyarakatan Sepeda Listrik di Indonesia. Jurnal SPEKTRUM Vol, 8(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v7i1.14399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTAM ROTARY
Editorial Address
Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University
Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.
HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)
E-mail: j[email protected], [email protected], [email protected]
Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Universitas Lambung Mangkurat