PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN ARANG KAYU ALABAN DENGAN ADITIF TEMBAGA (Cu) TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA TOYOTA KIJANG 5K

Ade Sulton, Abdul Ghofur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada penggunaan arang kayu alaban dengan aditif tembaga dengan variasi diameter lubang, campuran dan rpm. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengujian menggunakan analisis gas di Badan Lingkungan Hidup dan uji konsumsi bahan bakar, data variabel bebas menggunakan campuran arang kayu alaban 82,5%, aditif tembaga 7,5%, PVA 10% dan kayu alaban 87,5%. Arang, aditif tembaga 2,5%, PVA 10%, dimensi diameter lubang 15 mm dan 20 mm, idle RPM, 1500, 2500, 3500. Variabel terikatnya adalah mobil Toyota Kijang 5K. Variabel kontrol yang digunakan adalah pengujian emisi gas buang yaitu CO2, CO, HC dan O2 serta pengujian konsumsi bahan bakar. Dari hasil tersebut peningkatan CO2 terbesar adalah 67,46% pada komposisi B rpm 2500, penurunan CO terbesar 75,69% pada komposisi B rpm 3500, mengalami penurunan terbesar pada HC 81,67% pada komposisi B dan kondisi stasioner, penurunan O2 terbesar adalah 40,7% pada komposisi B rpm 2500. Dari hasil pengujian konsumsi bahan bakar mengalami penurunan terbesar yaitu 13,33% pada diameter lubang Komposisi B 15 mm rpm 1500.

 

This study aims to determine the results of exhaust emissions and fuel consumption in the use of alaban wood charcoal with copper additives with variations in hole diameter, mixture and rpm. The data of this study were obtained from the results of testing using gas analysis in the Environment Agency and fuel consumption test, independent variable data used a mixture of 82.5% alaban wood charcoal, 7.5% copper additives, 10% PVA and 87.5% alaban wood charcoal, 2.5% copper additive, 10% PVA, dimensions of hole diameter 15 mm and 20 mm, idle RPM, 1500, 2500, 3500. The dependent variable is a 5K Toyota Kijang car. The control variables used were exhaust gas emissions testing namely CO2, CO, HC and O2 and fuel consumption tests. From these results the largest increase in CO2 was 67.46% in the composition of B rpm 2500, the largest decrease in CO 75.69% in the composition B rpm 3500, experienced the largest decrease in HC 81.67% in composition B and stationary conditions, decreased O2 the biggest is 40.7% in composition B rpm 2500. From the test results, the fuel consumption has the largest decrease of 13.33% in the hole diameter Composition B 15 mm rpm 1500.


Keywords


Emisi; Konsumsi Bahan Bakar; Knalpot

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghofur, Muhammad Satrio Jati. 2018. Program Studi Teknik Mesin Universitas Lambung Mangkurat ”Pemanfaatan Kaolin Dengan Aditif Arang Sebagai Filter Gas Buang Terhadap Gas Buang Kendaraan Bermotor”.

Bachri, A. S. 2009. “Emisi Gas Buang Mobil Yang Berbahan Bakar Bensin”, Tugas Akhir Universitas Gunadarma.

Ellyanie, 2011. “Pengaruh Penggunaan Three–Way Catalytic Converter Terhadap Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Toyota Kijang Innova” Jurusan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya.

Juliandini, Fitthrianita, Yulinah Trihadining. 2008. “Uji Kemampuan Karbon Aktif Dari Limbah Kayu Dalam Sampah Kota Untuk Penyisihan Fenol. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VII”.

Kasmawarni, 2013. “Proses Aktivasi Arang Kayu Laban (Vitex Pinnata L) Dengan Cara Pemanasan Pada Suhu Tinggi.

Kusuma, I Putu Krisna Nara. 2015. Universitas Udayana. ”Pengaruh Variasi Tekanan Pada Intake Manifold Terhadap Performance Mesin 1500 CC”.

Ningrat, A.A Wira Kresna., I.G.B Wijaya Kusuma Dan I Wayan Bandem Adnyana, 2016, “Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertralite Terhadap Akselerasi Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis”.

Novian Eka Candra. 2017. Teknik Mesin Universitas Nusantara PGRI Kediri. “Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 tak dengan Kenalpot Berkatalis Limbah Karbon Berlapis Briket Arang Batok Kelapa”.

RM. Bagus Irawan, Purwanto, Hariyanto 2013. Mahasiswa Dokter Ilmu Lingkungan UNDIP Semarang. “Unjuk Kemampuan Katalis Tembaga Berlapis Mangan Dalam Mengurangi Emisi Gas Carbon Monoksida Motor Bensin”.




DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v3i1.3462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTAM ROTARY

Editorial Address

Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.

HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)

E-mail: j[email protected], [email protected][email protected]

Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary

Lisensi Creative Commons
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty,  Universitas Lambung Mangkurat