PENGARUH WAKTU KONTAK AIR LINDI DAN UDARA TERHADAP LAJU KOROSI BAJA ST-41 DAN ST-60

M. Irfan Riyadi, Rudi Siswanto

Abstract


Penggunaan logam di lingkungan sangat penting terutama di lingkungan seperti sampah pada alat berat atau truk, terutama yang di bak truk adalah alat untuk membawa berbagai sampah organik dan anorganik membawa bahan terlarut melalui cairan yang disebut lindi dan melakukan kontak atau kontak langsung dengan baja sehingga terjadi korosi akibat lindi atau aliran air limbah yang banyak mengandung senyawa korosif yang membuat bagian bak truk menjadi cepat terkorosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baja bias menahan laju korosi. Baja yang digunakan adalah baja baja ST-41 dan ST-60 adalah baja karbon rendah dan baja karbon sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode penurunan berat badan dan mengamati jenis korosi yang terjadi dengan cara perendaman dengan ASTM G31-72 yang divariasikan waktu kontak selama 3 minggu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan laju korosi paling cepat terjadi pada baja ST-60 dengan waktu kontak 1 minggu direndam lindi dan 2 minggu kontak dengan udara karena perbedaan komposisi baja ST-60 dan baja ST-41 yang memiliki kandungan chromium yang sangat tinggi sehingga baja ST-41 lebih unggul dalam menahan laju korosi sedangkan jenis korosi yang terjadi adalah korosi merata dan korosi atmosferik.

 

The use of metals in the environment is especially important in environments such rubbish in heavy equipment or trucks, especially those of the tailgate is a tool to bring a variety of organic waste and inorganic bring the matter dissolved through a liquid called leachate and make contact or direct contact with the steel so that corrosion occurs due to leachate or wastewater flow contains many corrosive compounds that make part tailgate become quickly corroded. This study aims to determine the bias steel resist corrosion rate. The steel used is steel steel ST-41 and ST-60 is a low carbon steel and medium carbon steel. The methods used in research in the methods of losing weight and observe the types of corrosion that occurs by means of immersion with ASTM G31-72 which vary contact time for 3 weeks. Based on research conducted showed the corrosion rate of the fastest occur in steel ST-60 with a contact time of 1 week soaked the leachate and 2 weeks in contact with the air due to differences in the composition of the steel ST-60 and steel ST-41 which has a chromium content so high that steel ST-41 is superior in resisting corrosion rate while the type of corrosion that occurs is evenly corrosion and atmospheric corrosion.


Keywords


Lindi; Laju Korosi; Jenis Korosi; Baja ST-41; Baja ST-60

Full Text:

PDF

References


A. Jones, Denny, 1995, Principle and Prevention of coorosion. Macmillan Publishing Company, New York.

Al-Wabel, M. L., Al Yehya, W. I., Al-Farraj, S. E., dan El-Magheaby, 2011,Characteristic of Landfill Leachates and Bio-Solids of Municipal Solid Waste (MSW) in Riyadh City Saudi Arabia, Journal of the saudi Society of Agricultural Science, Vol. 10, Hal. 65-70.

American Society For Testing and Materials.1999, G1 Practice For Preparing, Cleaning, and Evaluating Corrosion Test Specimens, ASTM Standards Vol.03.02,ASTM Society.

ASTM G1. 1994. Standart Practice of Prepting, Cleaning and Evaluating Corrosion Test Specimens. ASTM International, Annual Book of ASTM Standart, USA, 1994.

Chamberlain J., Trethewey KR.. 1991, KOROSI (Untuk Mahasiswa dan Rekayasawan), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Djaprie S ., 1995, Ilmu dan Teknologi Bahan, ed. 5, hal. 483-510. Erlangga, Jakarta.

Desi Mitra Sari., Handani, Sri., dan Yetri, Yuli., 2013, Pengendalian Laju Korosi Baja St-37 Dalam Medium Asam Klorida dan Natrium Klorida Menggunakan Inhibator Ekstrak Daun Teh. Jurnal Fisika Unand Vol 2, No.3, Padang.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air. Kanisius. Yogyakarta.

Fogler, 1992, Elements of Chemical Reaction Engineering, 4th edition, Prentice-Hall International, Inc, Amerika.

Gurum AP. Ayu SA, Dita Rahmayanti, dan Nindy EM, 2015, Perhitungan Laju Korosi di dalam Larutan Air Laut dan Air Garam 3% pada Paku dan Besi ASTM A36.

Ornelasari. Rizki., 2015. Analisa Laju Korosi Pada Stainless Steel 304 Menggunakan Metode ASTM G31-72 Pada Media Air Nira Aren. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

Priyanti, Denok, Dwi., Wahyono, Sri, Cahyo., Siregar, Simon Sadok., 2014. Pendugaan Pencemaran Air Tanah di Tempat Pembuanngan Sampah Landasan Ulin timur., Jurnal Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v4i2.6410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTAM ROTARY

Editorial Address

Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.

HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)

E-mail: j[email protected], [email protected][email protected]

Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary

Lisensi Creative Commons
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty,  Universitas Lambung Mangkurat