PENGARUH PENGGUNAAN ARANG KAYU ALABAN DENGAN ADITIF TEMBAGA (Cu) SEBAGAI CATALYTIC CONVERTER TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN TOYOTA KIJANG 5K
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan arang kayu alaban dengan aditif tembaga sebagai catalytic converter terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dengan variasi diameter lubang dan rpm. Metode penelitian ini menggunakan gas analyzer dan melihat konsumsi bahan bakar dengan variasi rpm mulai dari idle, 1500, 2500 dan 3500 pada mobil Toyota Kijang 5K. Proses pembuatan benda uji dengan variasi aditif 1 gram dan tanpa aditif dan variasi diameter lubang sebesar 15 mm dan 25 mm. Hasil penelitian menunjukkan emisi CO2 tertinggi adalah 12,07 % pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 15 mm dengan aditif. Nilai emisi CO terendah adalah 0,16 % saat menggunakan catalytic converter berdiameter lubang 25 mm tanpa aditif. Nilai emisi HC terendah adalah 37 ppm ketika menggunakan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Nilai O2 terendah adalah 15,25% pada penggunaan catalytic converter diameter lubang 25 mm dengan aditif. Untuk konsumsi bahan bakar penurunan terbesar adalah 13,33% saat menggunakan catalytic converter diameter lubang 15 mm.
This research objectives is to find out the effect of using alaban wood charcoal with copper additives as catalytic converter for exhaust gas emissions and fuel consumption with hole diameter variation and rpm. This research methods is using gas analyzer and seeing fuel consumption with rpm variation start from idle, 1500, 2500 and 3500 at Toyota Kijang 5K car. Making process of the specimen with additive variation 1 gram and without additive and hole diameter variation by 15 mm and 25 mm. The result of this research showing for highest CO2 emission is 12,07 % when using 15 mm hole diameter catalytic converter with additives. The lowest value CO emissions is 0,16 % when using 25 mm hole diameter catalytic converter without additives. The lowest value of HC emissions is 37 ppm when using 25 mm hole diameter catalytic converter with additives. The lowest value of O2 is 15,25 % when using 25 mm hole diameter catalytic converter with additives. For fuel consumption the biggest decrease is 13,33% when using 15 mm hole diameter catalytic converter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachri, A. S. 2009. “Emisi Gas Buang Mobil Yang Berbahan Bakar Bensin”, Tugas Akhir Universitas Gunadarma.
Basset J dan Mendham, 1994. “ Buku Ajar Vogel Kimia Analisis Kuantitatif Anorganik”, Jakarta : Buku Kedokteran EGC.
Fernandez, D. 2009. “Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Emisi Gas Buang Hidrokarbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO)”, Jurusan Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.
Irawan, Bagus 2012. “Rancang Bangun Catalytic Converter Material Substrat Tembaga Berlapis Mangan Untuk Mereduksi Emisi Gas Karbon Monoksida Motor Bensin”. Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Semarang.
Irawan, Bagus. 2003. “Unjuk Kerja Catalytic Converter Tembaga Pada Saluran Gas Buang Kendaraan Bermotor Untuk Mereduksi Emisi Gas Karbon Monoksida” , Tugas Akhir Program Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Diponegoro, Semarang.
Kasmawarni, 2013. “Proses Aktivasi Arang Kayu Laban (Vitex Pinnata L) Dengan Cara Pemanasan Pada Suhu Tinggi.
Merian, E. 1994. “Toxic Metal In The Environment”, VCH Verlagsgeserlischatt mbH. Weinheim.
Palinggi, Aris., dkk. 2018. “Kajian Penggunaan Zeolit Alam Kabupaten Kupang Untuk Menurunkan Emisi Gas Buang Co dan HC Pada Motor Bensin 4 Silinder”, Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Kupang.
Saepulloh, E. 2017. “Pengaruh Putaran Mesin (Rpm) Terhadap Laju Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil Nissan CWM 330”, Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Sitompul, O. 2014. “Pengaruh Variasi Perekat Pada Pembuatan Biobriket Dari Campuran Ampas Tebu dan Tempurung Kelapa”, Politeknik Negeri Sriwijaya.
Winarno, J. 2014. “Studi Emisi Gas Buang Kendaraan Bermesin Bensin Pada Berbagai Merk Kendaraan dan Tahun Pembuatan”, Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra.
Yolanda, D. S., 2015. “Gasifikasi Biomassa (Serbuk Kayu Laban) Sistem Updraft Single Gas Outlet Dengan Sistem Pembersih Filter Jerami”, Tugas Akhir Teknik Energi, Jurusan Kimia Politeknik Negeri Sriwijaya.
DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v4i2.6534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTAM ROTARY
Editorial Address
Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University
Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.
HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)
E-mail: j[email protected], [email protected], [email protected]
Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Universitas Lambung Mangkurat