ANALISA KEGAGALAN POROS RODA BELAKANG (STUDI KASUS) PADA TRUK X
Abstract
Truk merupakan kendaraan yang berfungsi sebagai pengangkut barang untuk didistribusikan ke suatu tempat. Truk adas juga disusun beberapa komponen salah satu komponennya adalah poros gardan. Poros gardan merupakan poros penggerak yang berfungsi meneruskan gaya penggerak dari differential ke roda. Seringkali terjadi kegagalan pada gardan belakang, hal ini tentunya akan mempengaruhi laju distribusi barang. oleh karena itu penelitian diperlukan ketika kegagalan lebih lanjut terjadi untuk meminimalkan kegagalan di masa depan. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu fraktografi dan pengujian komposisi. hasil pengujian komposisi didapatkan bahwa material tersebut merupakan baja paduan dengan standar AISI 4140 dan tidak ditemukan masalah. Dari pengamatan fraktografi hingga pengamatan visual, ditemukan bahwa beach mark merupakan karakteristik dari pembebanan berulang. Pada saat diperoleh perbesaran terdapat retak sebelum terjadi beachmark dan sebelum ujung sesar terdapat permukaan yang rata akibat konsentrasi tegangan pada saat komponen poros poros mengalami kegagalan.
A truck is a vehicle that functions as a carrier of goods to be distributed to a place. The truck is also arranged fennel several components one of the components is the axle shaft. The axle shaft is the drive shaft that functions to continue the driving force from the differential to the wheel. Often there is a failure on the rear axle, this will certainly affect the rate of distribution of goods. therefore research is needed when further failure occurs to minimize future failures. This study uses two methods, namely fractography and composition testing. the results of the test composition obtained that the material is an alloy steel with AISI 4140 standards and no problems were found. From fractographic observations to visual observations, it is found that the beachmark is a characteristic of repeated loading. When an enlargement is obtained there is a crack before the beachmark occurs and before the end of the fault there is a flat surface due to stress concentration when the axle shaft component fails.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadil Amin. 2015. “Analisis Struktur Mikro dan Fraktografi Hasil Pengelasan GMAW Metode Temper Bead Welding dengan Variasi Temperatur Interpass pada Baja Karbon Sedang. Politeknik Kotabaru. Jurusan Teknik Mesin. Kotabaru
Ari Daryanto. 2007. “ Eksperimen dan Analisis Permodelan Uji Tarik Plat Logam (Sheet Metal) dengan Strandar ASTM E 8M”. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Broek, David. 1986. “Elementary Engineering Fracture Mechanics”. New Jersey : Jhon Wiley & Sons, Inc, Hoboken
Cahya Sutowo, Ika Kartika, Budi Priyono. 2016. “ Analisa Kegagalan Komponen Front Axle Pada Kendaraan Bermotor Roda Empat”. Pusat Penelitian Metalurgi dan Material. LIPI. Tangerang
Callister Jr. William D. 1985. “Materials Science And Engineering : An Introduction 7th Edition, Netherlands : Martinus Nijholf Publisher, The Hague
Callister Jr. William D. 2007. “Materials science and engineering 7th”. Kanada: John Wiley & Sons, Inc.
Firmansyah Wahyu A.F.C, Ery Muthoriq. 2015. “ Analisis Kekuatan Axle Belakang Kendaraan Truk Berbasis Software Solidwork”. PKTJ Tegal. Teknik Keselamatan Otomotif. Tegal
Isworo Hajar. 2012. “Analisa Kegagalan Pada Komponen Gripper Botol Minuman Kapasitas 600 Botol Per-Menit”. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Program magister Teknik Mesin. Malang
Izza Ariffatur Ramadhani. 2015. “Makalah Analisa Cacat Struktur Pada Material”. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Jatmoko Awali, Asroni. 2013. “ANALISA KEGAGALAN POROS DENGAN PENDEKATAN METODE ELEMEN HINGGA”. Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro. Kota Metro
Jonika Asmarani Sukma. 2012. "PENGERASAN PERMUKAAN BAJA KARBON ST 40 DENGAN METODE NITRIDASI DALAM LARURATAN KALIUM NITRAT". Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Semarang
M Syahril. 2013. “ Analisa Kegagalan Poros Roda Belakang Kendaraan”. Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS). BPP Teknologi. Tangerang
Noel Rolando Orosa. 2012. “Analisa Kegagalan Rear Axle Shaft Truck Kapasitas 7.5 Ton” . Fakultas Teknik. Universitas Indonesia. Depok
Rifanli Wahab, Stenly Tangkuman, Tritiya Arungpadang. 2016. “Analisis Kelelahan Axle Shaft Truk Isuzu Elf 125 Ps”. Universitas Sam Ratulangi. Jurusan Teknik Mesin. Manado.
DOI: https://doi.org/10.20527/jtam_rotary.v4i2.6664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JTAM ROTARY
Editorial Address
Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Lambung Mangkurat University
Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru Telp. (0511)-4773858 Fax. 0511-4773858.
HP: 0853-3262-2556 (Andy Nugraha) and 0821-5232-0035 (Herry Irawansyah)
E-mail: j[email protected], [email protected], [email protected]
Home Page: http://bit.ly/JurnalRotary
JTAM ROTARY di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.Department of Mechanical Engineering, Engineering Faculty, Universitas Lambung Mangkurat