Manajemen dan Strategi dalam Produksi Teater Sanggar Anam Banua Pada Pementasan Metamorfosa

Maulana Fikri Firdaus, Sulisno Sulisno, Muhammad Budi Zakia Sani, Novyandi Saputra, Muhammad Najamudin

Abstract


Pementasan teater yang diselenggarakan oleh Sanggar Anam Banua dengan naskah yang berjudul Metamorfosa berhasil terlaksana dengan kepanitiaan sebanyak 8 orang serta dana awal sebesar Rp. 50.000. Penelitian tentang manajemen dan strategi dalam produksi teater Sanggar Anam Banua pada pementasan Metamorfosa ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses produksi teater, (2) menjelaskan manajemen, serta (3) strategi yang diterapkan oleh Sanggar Anam Banua pada pementasan Metamorfosa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumen pada kegiatan tersebut. Hasil penelitian ini yaitu selama proses produksi, aktivitas badan produksi ditentukan berdasarkan hasil rapat mingguan. Perencanaan dilakukan dengan hati-hati agar realisasi konsep tepat sasaran. Pengorganisasian dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah dan potensi anggota yang tersedia. Memimpin dilakukan dengan bentuk kerjasama antar setiap unit. Pengendalian lebih ditekankan kepada pengendalian pemasaran dan kontrol keuangan. Adapun strategi yang digunakan untuk memberdayakan jumlah panitia yang sedikit adalah dengan cara menempatkan anggota tersebut ke dalam unit yang dibentuk dengan berbagai pertimbangan. Sedangkan dana awal produksi digunakan untuk membeli kuota internet dan print out tiket. Untuk menambah uang produksi, Sanggar Anam Banua menjual souvenir berupa tote bag dan gelang.

Keywords


Manajemen; Strategi; Proses Produksi Teater

Full Text:

PDF

References


Amarza, R. F. (2018). Pemanfaatan media sosial pada program teater abang none sebagai pelestarian budaya Betawi (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Bateman, T. S. & Scott A. S. (2014). Manajemen. Salemba Empat.

Indrayati, F. (2015). STRATEGI PUBLIC RELATION TEATER KOMA DALAM MENARIK MINAT PENONTON. Universitas Negeri Jakarta.

Kebijakan dan Strategi Produksi diakses pada tanggal 12 Agustus 2019 dari http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/ADBI4434-M1.pdf

Pratama, I. (2019). Bincang Kreatif Seni Pertunjukan. Djarum Foundation.

Rasyadi, R. A., Putri, Y. R., & Putra, A. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Stand Up Comedy Indonesia (Suci) Kompas Tv Season 6 Untuk Menarik Minat Peserta. eProceedings of Management, 3(3).

Septian, R. Y. (2020). Strategi Komunikasi Tim Kreatif Insertlive. Com dalam Menarik Minat Penonton (Doctoral dissertation, Program Studi Ilmu Komunikasi FISKOM-UKSW).




DOI: https://doi.org/10.20527/tumanikan.v1i1.12119

DOI (PDF): https://doi.org/10.20527/tumanikan.v1i1.12119.g7092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/

Kontak dan Editorial Office:

Narahubung: Muhammad Budi Zakia Sani (+6281245770002) & Putri Dyah Indriyani (+628122230692) 

email: [email protected]

Alamat: Progam Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

Copyright (c) 2024


Tumanikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Visitor:

Flag Counter