Strategi Pembelajaran Vokal Pada Inspira School Of Music Banjarmasin

Dion Welitus M, Tutung Nurdiyana, Maryanto Maryanto, Sherly Nur Hikmah, Novyandi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan hasil pembelajaran vokal di Inspira School Of Music Banjarmasin. Penelitian ini akan membahas tentang: a) bagaimana strategi pembelajaran vokal pada Inspira School Of Music Banjarmasin, b) Bagaimana hasil pembelajaran vokal pada Inspira School Of Music Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstrukur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara teratur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan hasil bahwa strategi pembelajaran vokal harus mengoptimalkan serta mempersiapkan pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran serta harus menyampaikan materi pembelajaran. Dalam hal ini strategi tersebut membuat perubahan pada siswa menjadi lebih efektif dalam pembelajaran vokal pada anak didik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek penilaian dan aspek prilaku meliputi kehadiran, kedisiplinan, keaktifan dan bersosialisasi dan pada aspek keterampilan dapat dilihat dari pernafasan, artikulasi, vokalisi, mimiking, sikap badan, intonasi, ekspresi, dan phasesring.

Keywords


Inspira School Of Music; Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hikmah, S. N., Indriyani, P. D., Murdianingsih, A., Susanti, D. J., Asrimawati, I. F., & Huda, N. (2023). Heutagogi dan Sibergogi: Strategi Pembelajaran Musik Alternatif Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 3(1), 1-7.

Mahendra, B. (2023). PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL KINTUNG BERBASIS CREATIVE THINKING DI SDN MELAYU 2 BANJARMASIN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Seni Pertunjukan, 2(2).

Mahendra, B., Nurdiyana, T., & Najamudin, M. (2022). Lokakarya Musik Iringan Teater Tradisional Japin Carita di Dapur Teater Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(3), 122-129.

Maryanto, M. (2013). Pengaruh Pendekatan Terpadu Model Connected Dalam Pembelajaran Seni Musik Terhadap Pemahaman Berbagai Kompetensi Siswa di SMAN 13 Banjarmasin. Paradigma, 8(1).

Maryanto, M. (2015). Teori Musik Dasar. Diandra Kreatif.

Maryanto, M., & Suharto, S. (2023). Educational Ideology in Character Building Through National Songs at Anak Soleh Mandiri Integrated Islamic Elementary School Banjarmasin. Jurnal Seni Musik, 12(1), 174-185.

Putri, N. M., Iraqi, H. S., Lena, M. S., & Hasanah, Z. (2023). Strategi Pembelajaran Seni Musik Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 304-311.

Rahmadi, R. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. PT. Gramedia.

Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/tumanikan.v1i2.14189

DOI (PDF): https://doi.org/10.20527/tumanikan.v1i2.14189.g7584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Kontak dan Editorial Office:

Narahubung: Muhammad Budi Zakia Sani (+6281245770002) & Putri Dyah Indriyani (+628122230692) 

email: [email protected]

Alamat: Progam Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Pangeran, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

Copyright (c) 2024


Tumanikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Visitor:

Flag Counter