Tekhnik Skimming Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII Di SLB Negeri 1Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan
Abstract
This study aims to analyze the effect of the application of skimming techniques on the ability to read comprehension in class VII mild mentally disabled students at SLB Negeri 1 Gowa Regency, South Sulawesi Province, Academic Year 2021/2022. This study uses the Single Subject Research (SSR) method A-B design. The subjects of this study were students with the initials MR. The study was conducted in 10 sessions conducted in two phases: the baseline phase (A1) with five sessions and the intervention phase (B) with five sessions. The results of this study indicate an effect of the skimming technique on reading comprehension skills. This is indicated by the data values obtained in the baseline phase (A1) increased in the baseline phase (B). In addition, based on the data obtained, then analyzed using analysis in conditions and between conditions. The analysis of data between conditions and between conditions showed that the mean level of the intervention phase (B) increased compared to the baseline phase (A1). Based on this, it can be concluded that there is an effect of applying skimming techniques on the ability to read comprehension in class VII mild mentally disabled students at SLB Negeri 1 Gowa Regency, South Sulawesi Province.
Keywords: Mentally Retarted; Reading Comprehension; Skimming
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunagrahita ringan Kelas VII Di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan inisial MR. Penelitian dilakukan dalam 10 sesi yang dilakukan pada dua fase, yaitu fase baseline (A1) sebanyak 5 sesi dan fase intervensi (B) sebanyak 5 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh teknik skimming terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baseline (A1) meningkat pada fase baseline (B). Selain itu berdasarkan data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil dari analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan bahwa mean level fase intervensi (B) meningkat dibanding pada fase baseline (A1). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan teknik skimming terhadap kemampuan membaca pemehaman pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Kabupaen Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.
Kata Kunci: Tunagrahita; Membaca Pemahaman; Skimming
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F. N. (2019). Peningkatan keterampilan membaca cepat dengan teknik skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(1), 31-41.
Agunawan, D. (2009). Peningkatan kemampuan membaca cepat dengan teknik skimming dan scanning pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2008/2009. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Unnes.
Apriyanto, N. (2012). Seluk-beluk tunagrahita dan strategi pembelajaran. Jogjakarta: Javalitera.
Dalman, D. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Huriyah, L. (2016). Peran perpustakaan keluarga dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca anak. Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 69-95.
Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode pembelajaran Sq3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88-99.
Kusuma, N. A., Irhandayaningsih, A., & Kurniawan, A. T. (2015). Analisis penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman (studi kualitatif siswa tunarungu sd kelas v di slb negeri semarang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 29-38.
Mangungson, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Mufiddah, R. K., Effendi, M., & Sulthoni, S. (2020). Program vokasional siswa tunagrahita di smalb malang (studi multi situs di sekolah menengah atas luar biasa malang). Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 74-80.
Nurhadi, N. (2017). Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Pamuji, D. S. (2017). Kemampuan membaca cepat dengan metode skimming siswa kelas xi ips sma negeri 3 merlung tahun ajaran 2016/2017. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(2).
Rahim, F. (2007). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, M., & Harmanto, H. (2020). Pembentukan nilai karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewapembentukan nilai karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan bagi siswa tunagrahita. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 59-72.
Supena, A. (2017). Model pendidikan inklusif untuk siswa tunagrahita di sekolah dasar. Parameter, 29(2), 145-155.
Somadayo, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mujianto, P. (2006). Pembelajaran membaca di SMA. Semarang: LPMP Jateng
Sunanto, J. (2005). Penelitian Dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.
Susanty, F. (2019). Peningkatan kemampuan membaca dan memahami teks bahasa inggris melalui teknik skimming-scanning pada mahasiswa stit ru semester ii 2017/2018. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43-54.
Tantri, A. A. S. (2017). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(2).
Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiguna, M. Z., Thamimi, M., & Wulansari, F. (2019). Pelatihan dan pendampingan penerapan teknik membaca skimming dalam menjawab soal ujian nasional bahasa indonesia. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 34-46..
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i1.12870
Article Metrics
Abstract view : 559 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.