Bibliometric Analysis of Research Trends on Differentiated Learning In Merdeka Curriculum
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika sd. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas vii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120.
Azis, F., Kaharuddin, K., Arifin, J., Yumriani, Y., Nawir, M., Nursalam, N., Quraisy, H., Rosa, I., Nuramal, N., & Karlina, Y. (2022). Pendampingan penguatan model pembelajaran paradigma baru bagi guru-guru sekolah muhammadiyah di kecamatan bontonompo selatan. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 515–523.
Garza-Reyes, J. A. (2015). Lean and green-a systematic review of the state of the art literature. Journal of Cleaner Production, 102, 18–29. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2015.04.064
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.
Hardi, E., & Mudjiran, M. (2022). Diversitas sosiokultural dalam wujud pendidikan multikultural, gender dan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8931–8942.
Herdianto, Y. (2023). Pengembangan pembelajaran diferensisasi untuk students well-being pada siswa kelas iv sdn beji 02 kecamatan junrejo kota batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 70–92.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31–39.
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas ix. a smp negeri 1 sape tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345.
Kamal, S. (2021). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas xi mipa sma negeri 8 barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(2807–5536), 89–100.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
Manggalastawa, M. (2023). Analysis of differentiated learning in mathematics lessons for the independent curriculum in elementary schooL. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1).
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., Desvitasari, T., & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Nurhidayati, U. (2022). Menempa kompetensi dan peran guru penggerak dalam memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 279–291.
Rosadi, K. D., Mujiburrahman, M., & Mukhlisah, I. (2022).
Implementasi merdeka belajar pada pendidikan agama islam di smk mandala bhakti surakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(2), 402–408.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., & Suryaningsih, S. (2022). Analisis kegiatan p5 di sma negeri 4 kota tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Sasmito, E. (2023). Upaya mewujudkan student well being melalui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berdefrensiasi di sma negeri 1. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(1), 131–139.
Setyawati, R. (2023). Pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan pemahaman tentang pancaindera manusia pada siswa kelass 4c sd negeri ngaglik 01 batu tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 232–259.
Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan mendesain pembelajaran daring menarik selama pandemi Covid-19 dengan teknologi pembelajaran sederhana. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 588–595.
Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan kompetensi guru melalui pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Inovasi, 8(9), 58–65.
Suwartiningsih, S. (2021a). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa pokok bahasan tanah dan keberlangsungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.
Suwartiningsih, S. (2021b). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di kelas ixb semester genap smpn 4 monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.
Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas vii h smp negeri 3 denpasar. Jurnal pendidikan deiksis, 3(1), 53–62.
Untari, S. K. (2023). implementasi pembelajaran diferensiensi pada kegiatan intrakulikuler, ko-kulikuler/p5 dan ekstrakulikuler dengan strategi Vianestic. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 85–89.
Wati, N. N. K., Lestari, N. A. P., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis pendekatan cbsa dan pembelajaran berdeferensiasi dalam pembelajaran bahasa indonesia. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 255–264.
Zainuddin, Z., Haryandi, S., Misbah, M., Mastuang, M., Ibrahim, M. A., Juliana, E. N., Munawarah, M., & Hidayati, M. (2021). Bibliometric analysis in astrophysics: Overview of education, religion, and local wisdom in 2016-2021. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 501–514.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v38i1.16063
Article Metrics
Abstract view : 1282 timesPDF - 446 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.