PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK ONLINE BERBASIS ORDERED MULTIPLE CHOICE PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA SMA

Nurul Fitriyah Sulaeman, Atin Nuryadin

Abstract


Abstract. Ordered Multiple Choice (OMC) is an alternative diagnostic instrument to measure students' conceptual understanding. This instrument is rarely developed in high school physics material especially on energy. Moreover, accommodating the advancement of computer and technology, the development of OMC online instruments offers much ease of use. The purpose of this study is to develop an OMC Online instrument on energy materials for high school students. This research was conducted using four building blocks development steps which consist of construct map, items' design, outcome space and measurement model. The results showed that the OMC Online energy’s instrument construct map consists of 3 sub-materials, namely work and energy concepts, work and energy relationships and energy conservation laws. The OMC online instrument of energy consists of 22 valid items with a reliability parameter of 0.80 and difficulty level around easy to moderate.

 

Keywords: Ordered Multiple Choice (OMC), Energy, Diagnostic Instrument

 

Abstrak. Ordered Multiple Choice (OMC) merupakan instrumen penilaian pilihan ganda berorde yang mampu menjadi alternatif instrumen diagnostik pemahaman konsep siswa. Bentuk instrumen ini masih jarang dikembangkan pada mata pelajaran Fisika SMA khususnya pada energi. Mengakomodasi kemajuan teknologi komputer, pengembangan instrumen OMC online menawarkan banyak kemudahan dalam penggunaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen OMC Online pada materi energi untuk siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan langkah pengembangan four building blocks yang terdiri dari tahap construct map, items’ design, outcome space dan measurement model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa construct map instrumen OMC Online materi energi terdiri dari 3 sub materi yaitu konsep usaha dan energi, hubungan usaha dan energi dan hukum kekekalan energi. Instrumen OMC online materi energi yang telah dikembangkan terdiri atas 22 item valid dengan parameter reliabilitas sebesar 0,80 serta tingkat kesukaran mudah hingga sedang.

 

Kata Kunci: Ordered Multiple Choice (OMC), Energi, Instrumen Diagnostik

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., Al-Mashari, A., Al-Lawati, A. (2010). “On The Development of A Computer Based Diagnostic Assessment Tool To Help In Teaching And Learning Process”. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 6(1), 76-87.

Barri, N. (2011). Analisis Tes Multiple Choice Buatan KKMTs Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Semester II di MTs Negeri Gondang Sragen Tahun 2010/2011. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (tidak diterbitkan), Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Briggs, D. C., Alonzo, A.C., Schwab, C., & Wilson, M. (2006). “Diagnostic Assessment With Ordered Multiple-Choice Items”. Educational Assessment, 11(1), 33-63.

Bruce, J.C. & Lack, M. L. (2009). “Using Subjective Judgment To Determine The Validity of A Tutorial Performance Evaluation Instrument”. Health SA Gesondheid 14(1), 1-6.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Hadenfeldt, J.C., Bernholt, S., Liu, X., Neumann, K., & Parchmann, I. (2013). “Using Ordered Multiple-Choice Items To Assess Students’ Understanding of the Structure and Compositon of Matter”. Journal of Chemical Education, 90, 1602-1608.

NGSS Leads States. (2013). Next Generation Science Standarts: For States By States. Washington DC: The National Academies Press.

Nurjamilah, Sulaeman, N.F., & Komariyah, L. (2017). “Penggunaan Instrumen Ordered Multiple Choice (OMC) Untuk Menilai Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Dengan Model Pembelajaran Discovery Di SMAN 1 Long Kali”. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 241-253.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah B., dan Koni, Satria. (2014). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wilson, M. (2005). Constructing Measures: An Item Response Modeling Approach. Lawrence Erlbaum Mahwah. New Jersey.

Yamtinah, S. dan Budiyono. (2015). “Pengembangan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Kimia di SMA”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 69-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5232

Article Metrics

Abstract view : 826 times
PDF - 869 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.