MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI METODE SIMULASI BERBANTUAN MEDIA BONGKAR PASANG KARTU DOMINO PADA MATERI RUMUS KIMIA DAN TATA NAMA SENYAWA
Abstract
Abstrak. Kemampuan guru dalam memilih metode dan media yang cocok dengan materi rumus kimia dan tata nama senyawa yang bersifat abstrak masih rendah, akibatnya tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa juga rendah. Permasalahan ini diatasi dengan mengunakan metode simulasi berbantuan media bongkar pasang Card Domino. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subyek penelitian adalah 20 orang siswa kelas X MIA 1 MAN 1 Amuntai. Data penelitian diperoleh menggunakan tes penguasaan materi dan lembar observasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik persentase dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa metode simulasi berbantuan media bongkar pasang card domino dapat meningkatkan aktivitas siswa dari cukup aktif menjadi sangat aktif, keterampilan sosial siswa dari baik menjadi sangat baik serta meningkatkan aktivitas guru dari cukup menjadi sangat baik. Tingkat penguasaan siswa meningkat dari 34,40% pada tes awal, menjadi 81,65% pada siklus 2. Tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari 70% menjadi 100% pada siklus II.
Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, keterampilan sosial, media kartu domino, metode simulasi
Full Text:
PDFReferences
Astuti, P. (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Bongkar Pasang Konfigurasi Elektron SMAN 1 Banjarmasin Tahun 2010/2011. Banjarmasin: Makalah PTK
Clark, T., M., Chamberlain, J. M. (2014). Use of a PhET Interactive Simulation in General Chemistry Laboratory: Models of the Hydrogen Atom. Journal of Chemical Education, 91(8), 1198-1202.
Luo, W., Pelletier, J., Duffin, K., Orman, C., Hung, W., Shernoff, D. J., Zhai, X., Iverson, E., Whalley, K., Gallaher, C., Furness, W. (2016). Advantages of Computer Simulation in Enhancing Students' Learning about Landform Evolution: A Case Study Using the Grand Canyon. Journal of Geoscience Education, 64(1), 60-73.
Sardadevi, N., Winarti, A., Leny. (2017). Keefektifan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Multiple Intelligence dalam Pengembangan Kemampuan Kerjasama, Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Banjarmasin. JCAE Journal of Chemistry And Education, 1(2), 195-203.
Sardiman, A.M. (2005), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Satria, L.D.S. (2011). Hakekat Belajar Melalui Media Simulasi, Pembelajaran Berbasis perpustakaan.
Suparno, P. (2006). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan, Yogyakarta, Universitas Sanata Darma.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model pembelajaran Tematik. Prestasi Pustakaraya, Jakarta.
Tural, G., Tarakci, D. (2017). Effects of Physical Models and Simulations to Understand Daily Life Applications of Electromagnetic Induction. Research in Science & Technological Education, 35(3), 292-307.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5234
Article Metrics
Abstract view : 711 timesPDF - 5796 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.