PENERAPAN MODEL BIMBINGAN BERBASIS LEMBAR KERJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN BENTUK TES TERTULIS

Abdul Hamid

Abstract


Abstract.  This school action research was intended to find out the  information about the application of the worksheet based guidance to increase  the teachers' ability in arranging the paper and pencil test instrument. The subjects of this research consisted of 24 teachers. This research was conducted in two cycles with the four steps: planning, acting, observing and reflecting. The data of  the competence achieved  by the teachers was collected by scoring their answers/works.. The result of this study showed that the application of the worksheet based  guidance was able to increase the teachers'ability in arranging  the paper and pencil test instrument at SMP Negeri 7 Banjarmasin.

 

Keywords:Teachers’ability,  test instrument, the worksheet

 

Abstrak. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk  mendapatkan informasi tentang penerapan model bimbingan berbasis lembar kerja dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Banjarmasin dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan tahapan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Data berupa  kompetensi yang dicapai guru dalam menyusun tes bentuk tertulis diperoleh dengan melakukan penskoran terhadap hasil jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Bimbingan Berbasis Lembar Kerja (LK) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian bentuk tes tertulis di SMP Negeri 7 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Kemampuan guru, instrumen penilaian, lembar kerja

Full Text:

PDF

References


Depdiknas . (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media pembelajaran, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1(2), 257-267.

Nurliawaty, L., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S.W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 72-81

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ratumanan, T.G. dan Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1-11.

Supriadi, M. (2014). Analisis Sistem Penilaian Kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar. El-Hikam; Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 7(1), 49-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5236

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.