UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBERIAN UMPAN BALIK DALAM DISKUSI KELOMPOK
Abstract
Abstract. The research aims to improve physics learning outcomes through providing feedback in group discussions. The study involved class XII MIA 2 students of SMA Negeri 4 Takalar as many as 35 students consisting of 22 female and 13 male as research subjects and 2 teachers as observers. This study uses classroom action research methods carried out in two cycles with the stages of planning, action, observation, and reflection. Data were collected with physics learning achievement test instruments and student activity observation sheets. The data collected was then analyzed using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that giving feedback in group discussions resulted in an increase in the average score of physics learning outcomes of students in the first cycle was 12.84 with a standard deviation of 1.675 to 17.28 with a standard deviation of 0.843 for cycle II. From the results obtained it can be concluded that there is an increase in physics learning outcomes in class XII MIA 2 at SMA Negeri 4 Takalar by conducting a guidance process to discussion group members in the learning process and giving feedback and correcting students' mistakes at each meeting.
Keywords: physics learning outcomes, group discussions, feedback
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui pemberian umpan balik dalam diskusi kelompok. Penelitian melibatkan siswa kelas XII MIA 2 SMA Negeri 4 Takalar sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 22 perempuan dan 13 laki-laki sebagai subjek penelitian dan 2 orang guru sebagai observer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan intrumen tes hasil belajar fisika dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian umpan balik dalam diskusi kelompok mengabkibatkan peningkatan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa pada pada siklus I adalah 12,84 dengan standar deviasi 1,675 menjadi 17,28 dengan standar deviasi 0,843 untuk siklus II. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika di kelas XII MIA 2 di SMA Negeri 4 Takalar dengan melakukan proses bimbingan pada anggota kelompok diskusi pada proses pembelajaran berlangsung dan memberikan umpan balik serta mengoreksi kesalahan siswa pada setiap pertemuan.
Kata Kunci: hasil belajar fisika, diskusi kelompok, umpan balik
Full Text:
PDFReferences
Affandi, Y., Tandililing, E., & Haratua, T. M. S. (2014). Remediasi Kesalahan Belajar Siswa Tentang Vektor Dengan Pemberian Booklet Disertai Umpan Balik Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7): 1-11
Dahar, R.W. (2011). Teori –Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Febriyanti, C. (2015). Pengaruh bentuk umpan balik dan gaya kognitif terhadap hasil belajar trigonometri. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 203-214.
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.
Nicol, D., Thomson, A., & Breslin, C. (2014). Rethinking feedback practices in higher education: a peer review perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education, 39(1), 102-122.
Noeruddin, A. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD disertai Pemberian Umpan Balik Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak IKIP PGRI Bojonegoro. Media Prestasi, 13(1), 31-41.
Rahmayanti, N., Muntari, M., & Siahaan, J. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Teknik Buzz Group terhadap Prestasi Belajar Siswa Kimia Materi Pokok Hidrokarbon. Jurnal Pijar MIPA, 9(1), 32-35.
Rohmah, S. Z. (2015). Penerapan Pembelajaran dengan Model Diskusi Kelas Tipe Beach Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Berbasis Kurikulum 2013. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3), 101-106.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syaiful, Sagala. (2003). Konsep dan makna pembelajaran evaluasi. Bandung: Alfabeta
Xu, B., Yang, C., & Shi, Z. (2014). Reinforcement learning output feedback NN control using deterministic learning technique. IEEE Transactions on Neural Networks and Learning Systems, 25(3), 635-641.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5492
Article Metrics
Abstract view : 2209 timesPDF - 1138 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.