KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGANALISIS MATERI IPA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI KOGNITIF, PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF
Abstract
Keywords: science learning material analysis, cognitive, psychomotor, affective
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis materi IPA berdasarkan ranah kognitif, psikomotor, afektif. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan dalam bentuk check list. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa dari dominan cukup baik (55, 32%) pada siklus I menjadi dominan pada kriteria baik (63, 83%) pada siklus II.
Kata kunci: analisis materi IPA, kognitif, psikomotor, afektif
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200.
Hindatulatifah. (2008). Ranah-Ranah Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 59-71.
Limiansih, K. (2016). Analisis buku: Apakah Kegiatan di Buku Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 telah Mendukung Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik?. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN FKIP UNS (115 – 137).
Paidi. (2008). Analisis Materi Esensial Sains SMP/MTs: Sebuah Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Jurnal Ilmiah Guru Cope; Caraka Olah Pikir Edukatif, 12(1), 1–15.
Sandika, B. & Fitrihidajati, H. (2018). Improving Creative Thinking Skills and Scientific Attitude Through Inquary-Based Learning In Basic Biology Lecture Toward Students of Biology Education. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 23-28.
Sapoetra, J. (2017). Kompetensi Pedagogik. Binus University (online). (https://pgsd.binus.ac.id diakses tanggal 13 November 2018).
Retno, R.S., & Yuhanna, W.W. (2016). Pembelajaran Konsep Dasar IPA dengan Scientific Inquiry untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir, bekerja dan bersikap Ilmiah pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1-9.
Suherman, E. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5621
Article Metrics
Abstract view : 460 timesPDF - 886 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.