KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGANALISIS MATERI IPA SMP BERDASARKAN TAKSONOMI KOGNITIF, PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF

Ratna Yulinda

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to improve the ability of students to analyze science learning material based on cognitive, psychomotor, and affective domains. This Classroom Action Research uses the Kemmis & Taggart design. The subjects of this study were students of Science Education Study Program of Lambung Mangkurat University. The research instrument used was an observation sheet in the form of a check list. The results showed an increase in the ability of students from the dominant was quite good (55.32%) in the first cycle to be dominant in the criteria of good (63.83%) in the second cycle.

 

Keywords: science learning material analysis, cognitive, psychomotor, affective

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis materi IPA berdasarkan ranah kognitif, psikomotor, afektif. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan dalam bentuk check list. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa dari dominan cukup baik (55, 32%) pada siklus I menjadi dominan pada kriteria baik (63, 83%) pada siklus II.

 

Kata kunci: analisis materi IPA, kognitif, psikomotor, afektif


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 193-200.

Hindatulatifah. (2008). Ranah-Ranah Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 59-71.

Limiansih, K. (2016). Analisis buku: Apakah Kegiatan di Buku Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 telah Mendukung Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik?. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN FKIP UNS (115 – 137).

Paidi. (2008). Analisis Materi Esensial Sains SMP/MTs: Sebuah Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Jurnal Ilmiah Guru Cope; Caraka Olah Pikir Edukatif, 12(1), 1–15.

Sandika, B. & Fitrihidajati, H. (2018). Improving Creative Thinking Skills and Scientific Attitude Through Inquary-Based Learning In Basic Biology Lecture Toward Students of Biology Education. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 23-28.

Sapoetra, J. (2017). Kompetensi Pedagogik. Binus University (online). (https://pgsd.binus.ac.id diakses tanggal 13 November 2018).

Retno, R.S., & Yuhanna, W.W. (2016). Pembelajaran Konsep Dasar IPA dengan Scientific Inquiry untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir, bekerja dan bersikap Ilmiah pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1-9.

Suherman, E. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5621

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 886 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.