PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMK

Gunawan Gunawan

Abstract


Abstract. This study aimed to produce a scientific learning device using a cooperative learning model that is valid, practical, and effective in an effort to improve attitudinal competence, knowledge and science process skills of Vocational Senior High School (SMK) students. The learning device development model used is a modification of the 4-D model. The instruments used were in the form of learning device validation sheets, questionnaires, observation sheets, and tests. The analysis technique used is descriptive analysis. The results showed that: (1) the validity of the learning device was in very good category, (2) the implementation of the Lesson Plan (RPP) was in very good category, (3) the learning activities was 57% student-centered, attitude competence completeness was 82%, knowledge competence was 50%, process skills 82%, and students’ responses to the instruction were 91% positive, and (4) learning constraints factors were that students not familiar yet with science process skills and cooperative learning.

Keywords: Learning device, scientific learning, cooperative learning, attitudinal competence, knowledge compete, science process skills.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran saintifik dengan model pembelajaran kooperatif yang valid, praktis, dan efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan proses sains siswa SMK. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah modifikasi dari model 4-D. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi perangkat pembelajaran, angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, (2) Keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik, (3) aktivitas pembelajaran 57% berpusat pada siswa, ketuntasan kompetensi sikap 82%, kompetensi pengetahuan 50%, keterampilan proses 82%, dan respon siswa terhadap pembelajaran 91% positif, serta (4) faktor kendala pembelajaran adalah siswa belum terbiasa dengan keterampilan proses sains dan pembelajaran kooperatif.

Kata Kunci:  perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, pembelajaran kooperatif, pengetahuan, sikap, keterampilan  proses sains

Full Text:

PDF

References


Aktavis, H. and Ergin, O. (2008). The effect of scientific process skills education on students’ scientific creativity, science attitude and academic achievements. Jurnal Asia-Pacific Forum Learning and Teaching, 9(1), 1-21.

Anderson, W. L., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran pengajaran dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, R.I. (2008). Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan, model pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Wiemen, C. (2007). Why not try a scientific approach to science education?Journal Change: The Magazine of Higher Learning, 39(5), 9-15.

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Degeng, N.S. (1989). Ilmu pengajaran: taksonomi variabel. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud,

Dyer, H.J., Hal, B.G., & Clayton, M.C. (2009). the Innavotors DNA. Washington: Harvard Bussines Review.

Hernawan, A.H. (2009). Makna ketuntasan dalam belajar. Bandung: UPI

Holt, Rinehart and Winston. (2006). Physical Science. California: A Harcourt Education Company.

Johnson, W. D., Johnson, T. R., Holubec, J. E., (2011). Collaborative Learning. Bandung: Nusa Media.

Khaeruddin, & Sujiono, E.H. (2005). Pembelajaran sains (IPA) berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Makassar: State University of Makassar Press.

Lin, E. (2006). Cooperative Learning in the Science Classroom. (online). https://www.nsta.org/publications/news/story.aspx?id=52116

Marzano, J. Robert. (2013). Seni dan ilmu pengajaran. Jakarta: Indeks.

Mulyono, Y., Bintari, S.H., Rahayu, E.S., & Widiyaningrum, P. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill teknologi fermentasi berbasis masalah. LIK; Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1), 20-26.

Mundilarto. (2013). Membangun karakter melalui pembelajaran sains. Kumpulan Abstrak dan Makalah utama. Surabaya: PPs Sains Unesa.

National Academic of Science. (2012). A framework for K-12 science education. Washington D.C: The National Academies Press.

Nugroho U., Hartono S. dan Edi S. (2009) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 108-112.

Nur, M. (2011). Model pembelajaran kooperatif. Surabaya: PSMS Unesa.

Nur, M. dan Wikandari, R.P. (2008). Pengajaran berpusat kepada siswa dan pendekatan konstruktivis dalam pengajaran. Surabaya: PSMS Unesa.

Pandey N. N. dan Kishore K. (2009) “Effect of cooperative learning on cognitive achievement in science.”Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia, 26(2), 52-60.

Prasetyo, Z.K. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran sains terpadu untuk meningkatkan kognitif, keterampilan proses, kreativitas serta menerapkan konsep ilmiah perserta didik SMP. Laporan Penelitian. Yogyakarta: PPs UNY

Prayitno B. A. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA biologi SMP berbasis inkuiri terbimbing dipadu kooperatif STAD serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, metakognisi, dan keterampilan proses sains pada siswa berkemampuan akademik atas dan bawah. Disertasi Doktor. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari R.M., Jalmo T, & Yolida, B. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan proses sains siswa. Jurnal Bioterdidik, 2(7), 1-14.

Sidi, D.I. (2001). Menuju masyarakat belajar. Jakarta: Paramadina.

Zaki, K.V., Khanafiyah, S., & Khumaedi. (2013) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Berbasis Eksperimen. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 32-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5643

Article Metrics

Abstract view : 470 times
PDF - 2057 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.