EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Abstract. This research aims to describe the effectivity of cooperative learning model from the type of Numbered Head Together (NHT) with the Auditory Intellectually Repetition (AIR) Approachment in mathematics instruction. Type of research is a pre-experiment. Population of the research is all of the tenth grade (class X) students of public senior high school (SMAN) 2 Bua Ponrang. The research sample was students of class X-1 selected through random sampling techniques. Research data were collected by using test and observation techniques. The results showed that (a) Cooperative learning model from NHT type with AIR approachment instruction has been well implemented, (b) students’ activity was in ideal category, (c) students' responses toward the instruction was tend to be positive, and (d) student’s achievements was classically mastered with normalized gain was in high category, 0.74.
Keywords: Efektivitas, Cooperative Learning, NHT, Auditory Intellectually Repetition
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bua Ponrang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 yang terpilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan Auditory Intellectually Repetition terlaksana dengan baik, (b) aktivitas siswa berada dalam kategori ideal, (c) respons siswa terhadap pembelajaran cenderung positif, dan (d) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dengan gain ternormalisasi sebesar 0,74 yang berkategori tinggi.
Kata kunci: Efektivitas, pembelajaran kooperatif, NHT, Auditory Intellectually Repetition
Full Text:
PDFReferences
Ardin. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif tipe NHT dapat menjadi solusi dari permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 Kulisusu. Tesis Magister. tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Asih, N.M. & Nilakusmawati, D.P.E. (2017). Effectiveness Application of Auditory Intellectually Repetition (AIR) Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes on Subject Two dimensional And Three Dimensional Shapes. International Journal of Advanced Research (IJAR), 5(4), 933-938.
Fatmawati, A. & Susanah. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan Di Kelas X-C SMAN 1 Kauman Tulungagung. MATHEdunesa; Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30-35.
Firdaus. (2016). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Sainsmat, 5(1), 94-105.
Hasnawati, Ikman, & Sari, A. (2016). Effectiveness Model of Auditory Intellectually Repetition (Air) to Learning Outcomes of Math Students. International Journal of Education and Research, 4(5), 249-258.
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Irwan, M. (2012). Penyebab Mutu Pendidikan di Indonesia Rendah. Republika, 1 Juli 2012. https://www.republika.co.id/berita/event/bagimu-guru/12/07/01/m6gwld-7-penyebab-mutu-pendidikan-di-indonesia-rendah.
Janna, S.R. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam). Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 41-55.
Khadijah, S. & Sukmawati, R.A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition dalam Pengajaran Matematika di Kelas VII MTs. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) 68-75.
Lie A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative learning Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Muchtadi, Hartono, & Oktaviana, D. (2017). Hubungan Aktivitas dan Respon Terhadap Hasil Belajar Program Linier Melalui Penerapan Pembelajaran Genius Learning pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 45-55.
Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Erudio ( Journal of Educational Innovation), 3(2), 67-83
Suyitno. A. (2004). Buku Ajar Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v33i2.5882
Article Metrics
Abstract view : 692 timesPDF - 345 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.