STUDI KORELASI EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MAT¬ERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
Abstract. Correlation study between self efficacy and learning outcome of solubility and solubility product constant material at XI MIA 1 Students of MAN 1 Banjarmasin at 2016/2017 Academic Year was conducted. This research aims to determine the correlation between self efficacy and learning outcome of solubility and solubility product constant material. This research applies quantitative method, that is descriptive correlational study with one shot case study as the research design. Research sample is XI MIA 2 Class with total 37 students. Test technique and questionnaire is used for data collection. Data analysis technique uses Pearson correlation test and descriptive analysis. Pearson correlation test is used to know correlation between self efficacy and learning outcome. The research’s result shows that there is a positive and significant correlation between self-efficacy and students’ learning outcome. The value of Pearson Correlation is 0,674 which shows that correlation between that two variables is a strong correlation.
Keywords: correlation, self efficacy, learning outcome.
Abstrak. Telah dilakukan penelitian tentang studi korelasi efikasi diri dengan hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI MIA MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan efikasi diri dengan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif berupa studi deskriptif korelasional dengan desain penelitian one shot case study. Penelitian dilakukan terhadap sampel sebanyak 37 orang dari kelas XI MIA 2. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan uji korelasi Pearson dan analisis deskriptif. Untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar digunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa. Nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,674 menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut berhubungan kuat.
Kata kunci: korelasi, efikasi diri, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan, M.S. (2010). Mendiagnosis dan Menata Laksana 13 Penyakit Statistik: Disertai Aplikasi Program Stata. Jakarta: Sagung Seto.
Ersanli, C. Y. (2015). The Relationship Between Students’ Academic Self-Efficacy and Language Learning Motivation: A Study of 8th Graders. Journal of Social and Behavioral Science, 199, 472-478.
Fatimah, S. (2005). Kontribusi self efficacy dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa: Studi pada siswa kelas 1 SMPN 45 Cengkareng Jakarta Barat. Dissertasi Doktor. Universitas Indonesia.
Ghufron, M. N. & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20-30.
Harahap, D. (2011). Analisis Hubungan antara Efikasi-Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Jurnal Pendidikan Kimia. 42-53.
Janatin, M. (2015). Hubungan antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniyawati, R. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. Disertasi Doktor. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kusasi, M., & Mahmudin. (2016). Model Problem Solving sebagai Salah Satu Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia. 268-276.
Muna, K., Sanjaya, R. E., Syahmani, & Bakti, I. (2017). Metacognitive skills and students’ motivation toward chemical equilibrium problem solving ability: A correlational study on students of XI IPA SMAN 2 Banjarmasin. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1911, No. 1, p. 020008). AIP Publishing.
Sigiro, O. N., Sigit, D. V., & Komala, R. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dan Penalaran Ilmiah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 30-34.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, N. P. F., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2013). Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja. Mimbar PGSD Undiksha, Siangaraja. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-12.
Alkadrie, S.B.T, Sahputra, R., & Erlina. (2013). Analisis Pemahaman Konseptual Dan Algoritmik Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan SMAN 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9),1-14.
Widyaninggar, A. A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 89-99.
Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7114
Article Metrics
Abstract view : 959 timesPDF - 1503 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Vidya Karya
Indexed By
Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.