KETERAMPILAN PROSES SAINS, GAYA BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Sri Nur Susilawati, Ma'ruf Ma'ruf, Ahmad Yani

Abstract


Abstract. This study is an ex-post facto research that is correlational analysis that aims to analyze the significance of the relationship between science process skills and learning styles with students' physics learning outcomes. The population in this study were students of class XI SMA Negeri 8 Gowa. The research instrument used was a science process skill test instrument, a learning style questionnaire and a physics learning achievement test. The results showed that there was a significant relationship between science process skills and learning styles with the physics learning outcomes of XI MIPA students of SMA Negeri 8 Gowa.

 

Keywords: science process skills, learning styles, learning outcomes

 

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat analisis korelasional yang bertujuan untuk menganalisis signifikansi hubungan antara keterampilan proses sains dan gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik.  Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Gowa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan proses sains, angket gaya belajar dan  tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dan gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Gowa.

 

Kata Kunci: keterampilan proses sains, gaya belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ahriana, Yani, A., & Ma’ruf. (2016). Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 223–238.

DePorter & Hernacki. (2000). Quantum Learning. Edisi Revisi. Bandung: Kaifa.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar menjadi Guru Propesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kadir. (2016). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data Dengan Program SPSS/Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khaerunnisa. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 340–350.

Kusmana & Suherli. (2010). Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya

Ma’ruf; Arsyad; satriani (2016). Pendekatan keterampilan proses sains dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 3(1), 91–101

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-11. Jakarta: Bumi Aksara

Nurdin Nurbaeti, A. (2016). Analisis Hubungan Kemampuan Numerik Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Di Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 1-12.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2012). Dasar - dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sari, I.N., Azwar, I., & Riska. (2017). Kontribusi Keterampilan Proses Sains Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 257-266

Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83-90.

Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Uno B. H. (2004). Landasan Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.

Wahab. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grasindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7238

Article Metrics

Abstract view : 1011 times
PDF - 911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.