MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA “CHEMONDRO”, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR

Santi Santi, Leny Leny, Bambang Suharto

Abstract


Abstract. This study aims to determine whether there are significant differences in learning motivation and learning outcomes in students between the use of PjBL learning models assisted by Chemondro android-based chemistry learning media with expository learning models. In addition, it is aimed to determine students' responses to Chemondro media on colloidal material. Classes becaming the sample were class X-TKJ A and X-TKJ B at SMK Negeri 2 Banjarmasin. The method used is a quasi-experimental with descriptive and inferential analysis techniques. This research shows that there are significant differences in motivation and student learning outcomes in classes using the PjBL model compared to the expository model. The use of Chemondro media for colloidal material perceived positive responses from students.

 

Keywords: Project Based Learning (PjBL), Chemondro, motivation to learn, learning outcomes, Colloid

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik antara penggunaan model pembelajaraan PjBL berbantuan media pembelajaran kimia berbasis android Chemondro dengan model pembelajaran ekspositori. Selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media Chemondro pada materi koloid. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X-TKJ A dan X-TKJ B di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Penelitiian ini menunujukkan adanya perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang signifikan pada kelas yang menggunakan model PjBL dibandingkan dengan model ekspositori. Penggunaan media Chemondro materi koloid mendapat respon positif dari peserta didik.

 

Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Chemondro, motivasi belajar, hasil belajar, Koloid

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R., Side, S., & Alimin. (2014). Pengaruh Pembelajaran Proyek dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Bealajar Peserta Didik Kelas MS SMAN 3 Lau Maros (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia). Jurnal Chemica, 15(2), 66-76.

Amanda, R. R., Suharto, B., & Mahdian. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Redoks. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8, 43-51.

Carin, A. A. (1993). Teaching Science Through Discovery. New York: Macmillan Publishing Company.

Chairisa, N., Leny, & Sholahuddin, A. (2016). Perbedaan Literasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koloid Antara Pembelajaran Yang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil Dan Eksperimen Animasi. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7, 156-175.

Hamzah, B. U. (2007). Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 320-333.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ismail, M., Laliyo, L. A., & Alio, L. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, 1-10.

Mahmudah, U., & Sholahuddin, A. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi, Pemahaman Konsep, dan Keterampilan Proses Sains Siswa. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6-54, 7(1), 46-54.

Marta, A., Rachman, F. A., & Anton, K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kimia pada Materi Sistem Koloid melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(1), 1-10.

Prasetyo, Y. D., Yektyastuti, R., Sholihah, M., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “Chemondro” Pada Materi Kelarutan Dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains V, 1-8.

Rahmansyah, & Irhasyuarna, Y. (2016). Implementasi Model Blended Learning Terhadap Keterampilan Generik Pemodelan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 74-82.

Rahmawati, D. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan, 4, 130-148.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7384

Article Metrics

Abstract view : 1273 times
PDF - 1164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vidya Karya

Indexed By

Creative Commons License

Vidya Karya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.