TREND PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG ILMU KOMUNIKASI DI INDONESIA

Sri Astuty, Masduki Masduki, Ni Made Ras Amanda

Abstract


Tulisan ini mendasarkan pada kajian tentang  ilmu komunikasi yang berkaca dari Tridarma Perguruan Tinggi, tidak hanya berfokus pada pendidikan dan pengajaran serta penelitian semata, akan tetapi juga haruslah memenuhi unsur pengabdian masyarakat sebagai wujud implementasi keilmuan kepada masyarakat.  Trend pengabdian masyarakat bidang ilmu komunikasi di Indonesia menjadi bagian penting untuk ditelaah mengingat bagian ini sering dianggap tidak terlalu penting, dimana porsi perhitungan angka kredit yang diperoleh oleh dosen dari bidang ini tidak besar dan tidak perlu dalam kuantitas banyak per tahun. Hal inilah yang menjadi menarik, karena keberadaan kegiatan pengabdian masyarakat belum mendapat prioritas dalam berbagai aspek, sehingga tujuan kajian ini adalah untuk melihat trend dan ragam pengabdian masyarakat bidang Ilmu Komunikasi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam kajian ini dengan metode survey dengan alat ukur kuesioner melalui bantuan google form yang tersebar ke berbagai program studi ilmu komunikasi yang ada di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potret dan trend berdasarkan tema pengabdian masyarakat, bentuk pengabdian masyarkat, target sasaran pengabdian masyarakat maupun pembiayaan pengabdian masyarakat memiliki prosentase kesamaan yang identik setiap program studi di Indonesia dengan rerata kesamaan mencapai 90%, di mana pengabdian masyarakat yang diimplementasikan menjadi tidak sejalan dengan kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing program studi ilmu komunikasi.

Keywords


Bidang Ilmu Komunikasi, Pengabdian Masyarakat, Potret, Trend di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Asio, John Mark R, Sardina, Dante P. Olaguir, Judy Ann O. (2023). Student’s Community Service Involvement: Implications for a Sustainable Community Extension Service. Asian Journal of Community Services (AJCS), Vol. 2, No. 1, 2023: 65-76

Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitattive, Quantitative and Mixed Methods Approach-es (2nd ed.). Thosand Oaks: Sage Publications.

Effendi, Sofian. (1991). “Proses Penelitian Survai”. Dalam Masri Singarimbun dan Sofian Effendi (Ed.). Metode Penelitian Survai (Edisi Kedua). Jakarta: LP3ES.

Fiske, John. (2003). Introduction to Communication Theories (2nd ed). London: Routledge.

Griffin, Em. (2012). A First Look At Communication Theory (5th ed).Boston: McGraw-Hill.

Keerberg, Anna, Aet Kiisla, Sulev Maeltsemees. (2014). University Implementing Its Community Service Role Through Curriculum Development In A Regional College. SSRN Electronic Journal DOI: 10.2139/ssrn.2383264

Kuswarno, Engkus. (2010).Fenemenologi Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran

Littlejohn, Stephen W. and Karen A.Foss. (2008). Theories of Human Communication (9th ed). Belmont, CA: Thomson-Wadsworth.

Miller, Katherine. (2005). Communication Theories: Perspektitives, Processes and Contekts. Boston: MacGraw-Hill.

Nasir, Nurul F.M, Nurazzura Mohamad Diah (2016). Trends and Challenges of Community Service Participation Among Pastgraduated Students in IIUM: A Case Study. Conference: 1st International Conference on Educational Studies (ICES, 2015), Man In India, 96 (1-2)

Neuman, W.Lawrence. (2000). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach (3rd ed.).Boston: Allyn and Bacon.

Ruben, Brent D. and Lea P.Stewart. (2006). Communication and Human Behaviour (5th ed). Boston Pearson.

Sunarto. (2013).” Berteori dalam Penelitian Komunikasi”. Jurnal Interaksi Vol.II No.1, Januari 2013, h. 50-61.

West, Richard and Lynn H.Turner. (2007). Introduction Communication Theory: Analysis and Applications (3rd ed). Boston: McGraw-Hill.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen

Dirjen SDM dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019 tentang Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen.

Dit Ristek, dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (2023), Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 202, Kemendikbud Ristek, Jakarta

Surat Edaran Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/mc.v8i2.16855

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2356-4490

E-ISSN : 2549-693X

MetaCommunication; Journal of Communication Studies is published by the Department of Communication, Faculty of Political and Social Sciences, Universitas Lambung Mangkurat.

Address: Jl. Brig Jend. Hasan Basri, Pangeran, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123, Indonesia.

Email: [email protected]

View My Stats, StatCounter Button