Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa FISIP ULM Di Kota Banjarmasin)

Humaidi Humaidi, Setio Utomo, Dinda Lestari

Abstract


This study aims to examine the Influence of Perceived Usefulnes, Perceived Ease of Use and Service Features on Purchasing Decisions (study on students of FISIP ULM Banjarmasin City who use DANA digital wallets).

   The research approach used is a quantitative approach. Samples were taken as many as 96 respondents with purposive sampling technique. Data collection using questionnaires and data analysis using multiple linear regression.

   The results of the research proves that Perceived Usefulness have a significant effect partially on Purchasing Decisions with the influence of 0.160 or 16%. Perceived Ease of Use has a significant partial effect on Purchase decisions with the influence of 0.437 or 43.7%. Service Features partially significant effect on Purchase Decisions with the influence of 0.163 or 16.3%. Perceptions of Usefulness, Perceived Ease of Use and Service Features simultaneously have a significant effect on Purchase Decisions with the influence of 0.760 or 76%.

 

Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Service Features, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T. & Tantri, F. (2017). Manajemen Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.

Adiyanti & Pudjihardjo . (2014). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol 3, No 1.

Alfiyah, A.T.(2020). Pengaruh Perceived Usefulness (Persepsi Manfaat) Dan Perceived Ease Of Use (Persepsi Kemudahaan), Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Co.Id Melalui Tagline “Gratis Ongkos Kirim” Sebagai Variabel Intervening Di Fisip Ulm Kota Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Amijaya, G.R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Baruna, T. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Keamanan Privasi Dan Fitur Layanan Teknologi Finansial Terhadap Keputusan Menggunakan E-Money Indomaret Card Sebagai Alat Transaksi. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Binti, F.Z. (2019). Pengaruh Pengalaman Berbelanja, Reputasi, Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Beli Online Shopee.co.id. Skripsi. Jombang: Program Sarjana Fakultas PGRI Dewantara Jombang.

Chindy, F. (2020). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Indonesia (DANA). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Erik, F.R. (2019). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Risk Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis USU. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Barat.

Genady, D.I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafiz, N. (2019). Pengaruh Keamanan, Fitur Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab Bike. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Hans & Dahlia. (2015) Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Resiko Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Dalam Menggunakan E-Banking. Jurnal Media Informatika. Vol. 14, No.2.

Irawan. (2015). Analisis Penerimaan Pengguna Software Akuntasi Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah. Vol 9, No 1.

Irkham, A. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Electronic Wallet (E-Wallet) Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lestarie, Budianto & Prabowo. (2020). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. Vol. 13, No 02.

Lindawati & Salamah, I. (2012). Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Indivvidual Karyawan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 14, No 1.

Mulyana & Wijaya. (2018). Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android. Jurnal Sistem Komputer.Vol.7, No 2.

Murty, D. & Khasanah, I. (2015) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600ML Di Semarang. Jurnal Of Management. Vol. 4, No. 2

Novia, A. (2019) Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan,Penggunaan, Dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku Di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol. 07, No 02.

Nugraha, Udayana & Lukitaningsih. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Pengguna OLX. Jurnal Bingkai Ekonomi. Vol. 6, No 2.

Pramudana, K.A.S., & Santika, I.W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 7, No. 10.

Reza, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Di Toko Online. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riski, A. (2015). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan Penggunaan, Risiko Transaksi Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Menggunakan Mobile Banking. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sanjaya, S. (2005). Pengaruh Rasa Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Behavioral Intention) Para Mahasiswa Dan Mahasiswi Dalam Penggunaan Internet. Jurnal Kinerja. Vol 9, No 2.

Saraswati, P. & Baridwan, Z. (2016). Penerimaan Sistem E-Commerce : Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.Vol 1, No 2.

Sari, I. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-Money, Dengan Sikap Pengguna Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Shomad & Purnomoshidi. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko Terhadap Perilaku Penggunaan E- Commerce. Skripsi. Malang : Universitas Brawijaya

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhir, Suyadi & Riyadi. (2014). Pengaruh Persepsi Resiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8, No 1.

Wibowo, S.F, Rosmauli, D. & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 6, No. 1.

APJII. (2020). Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2019-2020 (Q2).https://apjii.or.id/survei2019x/download/2ib0HaTBEjrnctJUVQF8gSlZW46fkz

Databoks. (2019). Inilah Daftar Dompet Digital Terbesar Di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/23/inilah-daftar-dompet-digital-terbesar-di-indonesia

Detikfinance. (2019). Dana Raih 4 Penghargaan Di HR Excellence Awards 2019.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4798407/dana-raih-4-penghargaan-di-hr-excellence-awards-2019

Tirto.id. (2019). Dana Raih Penghargaan The Best In Marketing Campaign. https://tirto.id/dana-raih-penghargaan-the-best-in-marketing-campaign-ehYj




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v11i1.13133

Article Metrics

Abstract view : 725 times
PDF - 3437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Jurnal Bisnis dan Pembangunan

             

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis dan Pemabangunan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. ISSN : 2541-1403 (print verson), E-ISSN : 2541-187X