Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII

Irhamna Irhamna, Haris Rosdianto, Eka Murdani

Abstract


Penerapan model learning cycle 5E telah dilakukan pada siswa kelas VIII dengan materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model learning cycle 5E pada materi fluida statis. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Torsina Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cyle 5E dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator pemecahan masalah dengan skor N-gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang, indikator membuat keputusan dengan skor N-gain sebesar 0,42 dengan kategori sedang, indikator penyelidikan percobaan dengan skor N-gain sebesar 0,33 dengan kategori sedang dan indikator menyimpulkan dengan skor N-gain sebesar 0,37 dengan kategori sedang.


Keywords


keterampilan berpikir kritis, learning cycle 5E

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono, 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fajaroh, F., Dasna, I. W., 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang-Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 112-122.

Hake, R. R., 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA

Hermino. A., 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Y., 2015. Pengaruh Penerapan Ild Berorientasi Conseptual Change Terhadap Peningkatan Pemahaman konsep dan Penurunan Kuantitas siswa yang Miskonsepsi pada Materi Hukum Newton (Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia 2015): Tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu.

Maharani, D. F. I., 2013. Penerapan Model Pembelajaran Betterteaching And Learning Materi Gerak Lurus Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Kelas VII SMP. (Skripsi, Program studi pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, Semarang).

Rosy, B., and Pahlevi, T., 2015. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY “Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA”.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tipler. Paul A., 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik (Prasetio, Lea, dan Adi, Rahmad W). (Jakarta: Erlangga).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/flux.v14i1.3839

Article Metrics

Abstract view : 4119 times
PDF - 2911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Fisika FLUX

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Association with:

Physical Society of Indonesia

Indexed by:

 

Creative Commons License
Jurnal Fisika FLux: Jurnal Ilmiah FMIPA Universitas Lambung Mangkurat is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.