ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DISEKITAR BANDARA TJILIK RIWUT AKIBAT AKTIVITAS PESAWAT TERBANG

Riski Adetama, Ina Elvina, Murniati Murniati

Abstract


Seiring dengan semakin meingkatnya Pembangunan dalam segala bidang termasuk kemajuan transportasi udara di Kota Palangka Raya maka perlu dilakukan analisis tingkat kebisingan sekitar bandara di kota Palangka Raya untuk menilai apakah tingkat kebisingan di sekitar bandara kota Palangka Raya telah melebihi baku mutu berdasarkan keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.48/MENLH/11/1996, tingkat kebisingan yang melebihi standar tersebut berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan dilingkungan sekitar bandara. Menganalisis tingkat kebisingan yang terjadi di sekitar Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Dengan metode perhitungan yang digunakan yaitu metode Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level (WECPNL) dan menggunakan alat pengukur kebisingan Sound Level Meter (SLM). Dari hasil penelitian pada lokasi penelitian Tingkat kebisingan dengan menggunakan WECPNL(Weighted Equivalent Continuous Perceived Noise Level) didapatkan hasil yaitu dengan intensitas kebisingan tertinggi yang terdapat terdapat pada titik 2 yaitu 76,76 dBA. Kemudian untuk Tingkat Kebisingan yang terendah yaitu dititik 5 merupakan daerah pemukiman warga sebesar 66,14 dBA. Tingkat kebisingan pada tahun 2021 dan 2022 melebihi baku mutu yang telah di tetapkan pada peraturan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. KEP-48/MNLH/11/1996 tanggal 25 Nopember 1996, untuk daerah perumahan dan sekolah yaitu 55 dBA.

Keywords


kebisingan, take off dan landing, WECPNL

References


Anonim, 1987. Kementeri Kesehatan Republik Indonesia No. 718/Men/Kes/Per/XI/1987 tentang kebisingan yang berhubungan dengan kesehatan. Jakarta: s.n.

Anonim, 2002. Keputusan Mentreri Perhubungan Nomor: KM 48 Tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Bandar Udara Umum Menteri Perhubungan.

Anonim, Jakarta. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor KEP-48/MENLH/11/1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. 1996: s.n.

Chimayati, R. L., 2017. Analisis Tingkat Kebisingan yang Ditimbulkan Oleh Aktifitas Bandar Udara dan Upaya Pengelolaannya. DEPARTEMEN TEKNIK LINGKUNGAN Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya2017.

Fariz, F., n.d. Tingkat Kebisingan Dikawasan Bandara Udara Terhadap Lingkungan. Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia .

Ilham Gusrianda, 2019. Analisis Tingkat Kebisingan di Sekitar Bandar Udara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman. Volume Volume 2 Nomor 6: Juni 2019 , pp. 1-7.

Ninda Ramita, R. L., 2011. Pengaruh Kebisingan Dari Aktifitas Bandara Internasional Juanda Surabaya. Prodi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Volume Vol. 4 No. 1, pp. 19-26




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v23i2.14514

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v23i2.14514.g8667

Article Metrics

Abstract view : 492 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

Citation :

SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)

GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2

IPI :� Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239