ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DASAR TERHADAP KERUSAKAN PERKERASAN JALAN

Anessa Vetrisia, Suradji Gandi, Fatma Sarie, Eka Putri Setiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisik tanah,mekanik tanah dan daya dukung tanah serta menganalisis angka keamanan akibat beban kendaraan truk dan beban perkerasan jalan Kasongan-Kereng Pangi Km 13. Tahap awal penelitian yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder. Tahap kedua yaitu menghitung analisis daya dukung tanah dasar. Tahap ketiga menghitung analisis beban kendaraan truk dan beban perkerasan jalan. Selanjutnya menganalisis angka keamanan.
Berdasarkan dari hasil uji laboratorium didapatkan nilai kadar air (w)=29,38%; berat jenis (Gs) = 2,66; berat volume tanah (γ) = 1,75 g/m3; persentase lolos saringan nomor 200=52,16%, batas cair(LL)=54,75%, Indeks Plastisitas(PI)=17,19%, hasil klasifikasi tanah metode AASHTO adalah tanah berlempung dengan kondisi sedang sampai buruk dan termasuk dalam klasifikasi kelompok A-7-5(7) dan berdasarkan klasifikasi tanah sistem USCS tanah termasuk kelompok OH yang artinya tanah lempung organik dengan plastisitas sedang sampai tinggi. Dari pemeriksaan kuat geser langsung pada penelitian ini didapat nilai kohesi (c)=0,0356 kg/cm2, nilai sudut geser dalam () =12°. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai daya dukung metode Terzaghi (qu)=66,7390 KN/m2 , beban akibat kendaraan truk jalan kelas II (σt)=62,4291 KN/m2, beban akibat perkerasan jalan (q)=10,8363 KN/m2, hasil perhitungan kemudian digunakan untuk menganalisis angka keamanan jalan dan didapatkan nilai hasil analisis angka keamanan (Sf)=0,9109 < 1 maka tanah dasar mengalami kerusakan,sehingga perlu adanya perbaikan kondisi tanah dasar guna meningkatkan daya dukung tanah yang dapat dilakukan salah satunya dengan cara pemasangan material geotextile di atas timbunan dan pemadatan tanah.

Keywords


Tanah Dasar, Daya Dukung Tanah, Uji Geser langsung, kerusakan perkerasan jalan

References


Amran,Yusuf dan Agus Surandono. 2017. Analisis Daya Dukung Tanah(DDT) Pada Sub Grade/Tanah Dasar(Studi kasus Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara, 38 B Banjar Rejo Lampung Timur-Batas Kota Metro). Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Metro.

Anonim. ASTM D-2216, ASTM D 422-63, ASTM D 854-92, ASTM D-4318, ASTM D 3080-90

Anonim. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen

Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta

Bowles, J. E. 1997. Analisis dan Desain Pondasi, Jilid 1 Edisi 4. Erlangga: Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah 2. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kurnia,Ditha dkk. 2021. Pengaruh Penambahan Air Terhadap Kuat Geser dan Daya Dukung Tanah Lempung. Prodi Teknik Sipil Universitas Palangka Raya.

Soedarsono, Djoko Untung. 1979. Kontruksi Jalan Raya. Badan Penerbit Pekerjaan Umum: Jakarta.

Sukirman,Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik. Nova: Bandung.

Terzaghi, Karl dan B. Peck, Ralph. 1967. Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa Jilid 1, Erlangga, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14806

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14806.g9756

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

Citation :

SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)

GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2

IPI :� Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239