PENGARUH AIR TANAH TERHADAP NILAI DAYA DUKUNG TANAH DASAR PADA PERKERASAN JALAN

Nurul Azmah, Suradji Gandi, Fatma Sarie, Eka Putri Setiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis sifat fisik-mekanik tanah yang digunakan sebagai pondasi jalan dan menganalisis pengaruh perubahan kadar air terhadap nilai CBR dan daya dukung tanah. Pengujian yang dilakukan di laboratorium meliputi uji sifat fisik tanah asli, pengujian sifat mekanik tanah asli dan kemudian menghitung daya dukung tanah. Dari pengujian didapatkan berat isi tanah (γ) = 1,76 g/cm3; berat jenis (Gs) = 2,67; kadar air (w) =29,33%; persentase lolos saringan no 200 = 53,99%; batas cair (LL) = 53,64%, indeks plastisitas (PI) = 16,16%, hasil klasifikasi tanah sistem USCS adalah tanah masuk kedalam kelompok OH dan hasil klasifikasi tanah sistem AASHTO adalah tanah termasuk dalam klasifikasi kelompok A-7-6(8). Dari pengujian pemadatan tanah asli, didapat nilai kadar air optimum (OMC) = 20% dan berat isi kering maksimum (γd max) = 1,29 g/cm3. Hasil pengujian CBR tanah asli didapat nilai CBR sebesar 4,6. Nilai CBR Setelah penambahan air 10% dari kadar air optimum pada tanah asli didapat nilai CBR 4,4 dan DDT = 4,4. Setelah penambahan air 15% dari kadar air optimum pada tanah asli didapat nilai CBR = 3,7 dan DDT = 4,1. Untuk kadar air berkurang 10% dari kadar air optimum didapat CBR = 5 dan DDT = 4,7, dan kadar air berkurang 15% dari kadar air optimum didapat CBR = 5,3 dan DDT = 4,5. Dari hasil Pengujian kuat geser langsung didapat nilai daya dukung tanah asli (qu) = 1,048 kg/cm2. Setelah penambahan air 10% dari kadar air tanah asli (qu) = 0,853 kg/cm2. Setelah penambahan air 15% (qu)= 0,539 kg/cm2 maka daya dukung sebesar 48,53%. Pada penelitian ini kadar air tanah memiliki pengaruh terhadap nilai daya dukung tanah dasar.

Keywords


Kadar Air, CBR, Uji Kuat Geser, Daya Dukung Tanah, Perkerasan Jalan

References


Agustina, Dian Hastari, and Mrs Elfrida. "Pengaruh perubahan kadar air terhadap kekuatan geser tanah lempung." SIGMA TEKNIKA 2.1 (2019): 115-122.

Anonim 1, 1989. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen. Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum: Jakarta

Anonim 2, ASTM D-2216, ASTM D 422-63, ASTM D 854-92, ASTM D-4318, ASTM D 698, ASTM D 1883.

Bowles, J. E. 1998. Analisis dan Desain Pondasi, Jilid 1 Edisi 4. Erlangga: Jakarta.

Ditha Kurnia, dkk. Pengaruh Penambahan Air Terhadap Kuat Geser Dan Daya Dukung Tanah Lempung. Jurnal Keilmuan Teknik Sipil Vol. 4 No.2 Edisi Desember 2021

Hardiyatmo, C.H. 2002. Mekanika Tanah 1. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah 2. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soedarmo G. D., dan Purnomo, S.J.E. 1997. Mekanika Tanah 1 dan Mekanika Tanah 2, Penerbit Kanisius.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik. Bandung: Penerbit Nova.

Terzaghi, Karl dan B. Peck, Ralph. 1967. Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa Jilid 1, Erlangga, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14823

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14823.g9760

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

Citation :

SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)

GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2

IPI :� Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239