ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH DASAR PADA PERKERASAN JALAN

Hendy Rivaldi, Suradji Gandi, Fatma Sarie, Eka Putri Setiati

Abstract


Perkerasan yang mengalami kerusakan harus segera dilakukan perbaikan terutama pada musim hujan dan pada saat perkerasan tersebut kelebihan beban kendaraan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya dukung tanah dasar pada perkerasan di Jalan Kasongan Baru. Tahap awal penelitian yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder. Tahap kedua yaitu menganalisis pemadatan dan CBR. Tahap ketiga menganalisis daya dukung tanah pada perkerasan jalan Kasongan Baru.
Dalam perencanaannya terdapat 5 titik Stationing (STA) yang akan ditinjau yaitu: STA 0+000,STA 2+000, STA 4+000, STA 6+000, STA 8+000. Sampel tanah diambil pada nilai STA 0+000 dan STA 8+000, berdasarkan dari hasil persentase lolos analisis saringan nomor untuk 200 STA 0+000 yaitu 52,29% dan untuk STA 8+000 yaitu 52,73%, batas cair (LL) STA 0+000 yaitu 42,63% dan STA 8+000 yaitu 54,65%, Indeks Plastisitas (PI) STA 0+000 adalah 17,69% dan STA 8+000 adalah 17,17%, hasil klasifikasi tanah dari tabel AASHTO hasil pengujian diperoleh tanah berlempung dengan kondisi sedang sampai buruk dan termasuk kelompok A-7-6 untuk STA 0+000 dan A-7-5(10) untuk STA 8+000, hasil klasifikasi tanah dari tabel USCS pada STA 0+000 tanah termasuk OL yang artinya tanah lempung organik dengan plastisitas rendah dan pada STA 8+000 tanah termasuk OH yang artinya tanah lempung organik dengan plastisitas tinggi. Dari grafik pemadatan didapat nilai kepadatan kering (γdmaks) STA 0+000 = 1,600 gr/cm3 dan STA 8+000 = 1,200 gr/cm3. Dari hasil uji diperoleh nilai CBR STA 0+000 = 7,60% dan STA 8+000 = 4,40%, daya dukung tanah dasar (DDT) STA 0+000 = 5,49 dan STA 8+000 = 4,47. Berdasarkan hasil analisis perkerasan jalan uji CBR STA 0+000 > Persamaan minimal dari Subgrade dan uji CBR STA 8+000 < Persamaan minimal dari Subgrade.

Keywords


Uji Pemadatan, Uji CBR(California Bearing Ratio), Daya Dukung Tanah, Perkerasan jalan, Tanah Organik

References


Anonim. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen

Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta

Das, B.M. 1995. Mekanika Tanah. Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah 2. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suyasa, C.G. 2020. Pengaruh Penggunaan Semen Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Dasar. Jurnal Proyeksi Teknik Sipil.

Kurnia, Dita dkk. 2021. Pengaruh penambahan Air Terhadap Kuat Geser dan DAya Dukung Tanah Lempung. Prodi Teknik Sipil Universitas Palangka Raya

Bintang, R. 2020. Pengaruh Kadar Air Terhadap Kuat Geser Pada Tanah Lempung Di Desa Pangi Kabupaten Pulang pisau. Jurnal Proyeksi Teknik Sipil.

Silvia Sukirman. 1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik. Bandung: Nova

Silvia Sukirman. 2003. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14842

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v24i2.14842.g9765

Article Metrics

Abstract view : 455 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

Citation :

SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)

GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2

IPI :� Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239