OPTIMALISASI UMUR GUNA KENDARAAN ANGKUTAN UMUM

Norman Ruslan

Abstract


Pengoperasian angkutan umum di kotamadya Banjarmasin ke kota – kota lain dipusatkan pada Terminal Induk km. 6Banjarmasin, dimana terlihat secara visual kendaraan angkutan yang terbilang tua masih bisa beroperasi dan tidak terlihat adanya mobil baru yang beroperasi . Dalam menentukan kebijakan suatu operasi angkutan ada dua hal yang harus dipandang :

  • Pertimbangan pelayanan ( mutu )
  • Pertimbangan tarif ( biaya )

            Berdasarkan pertimbangan mutu, kendaraan yang tergolong tua tidak mungkin dapat ditingkatkan lagi, karena besarnya  peningkatan Biaya Operasi Kendaraan ( B. O. K), semakin tua umur kendaraan akan semakin tinggi biaya operasi dan pemeliharaan, berapa umur kendaraan angkutan yang masih layak (feasible) untuk melakukan operasi angkutan. Melalui  teori dari RTIM II  dapat diketahui  feasibilitas umur kendaraan. Penelaahan  dari berbagai umur kendaraan yang berbeda-beda dan dihubungkan dengan  Biaya operasi kendaraan  setelah  umur tahun ke 13 terjadi peningkatan yang tinggi membebani  biaya operasi  kendaraan angkutan.


Keywords


Umur kendaraan, biaya operasi kendaraan, operasi angkutan, mutu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v5i2.1664

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v5i2.1664.g1437

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 INFO-TEKNIK

Creative Commons License
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�

joomla
statistics View My Stats

Indexed By:

Citation :

SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)

GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2

IPI :� Artikel = 100

IOS 3969 : Artikel = 239