Generating A Bus Route Origin-Destination Matrix From On-Off Data (Rute Terminal Bungurasih- Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya)
Abstract
Angkutan umum adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dari sistem transportasi kota. Peningkatan jumlah penduduk khususnya di kota surabaya harus dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasanara transportasi kota. Sarana transportasi kota ini yaiut angkutan kota yang berfungsi mengumpulkan dan mendistribusikan penumpang yang mempunyai kebutuhan akan pergerakan. Penelitian ini bertujuan membentuk matrik asal tujuan (MAT) penumpang bus antar zona untuk rute yang telah ditentukan, memperkirakan matrik asal tujuan penumpang antar zona dalam kawasan studi dan mencari load factor dari rute bus. Pembahasn ini mengambil studi kasus pada rute terminal bungurasih – pelabuhan tanjung perak surabaya.
Hasil yang didapatkan load factor maksimum (Lfmaks) = 1,30 dan load factor rata-rata (LF( rata-rata) =0,907 dengan jumlah space penumpang yang melewati suatu titik selama satu jam (Co) =321 penumpang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, I, 1996, Menuju Lalulintas dan Angkutan Jalan Yang tertib, direktorat Jenderal Perbuhungan darat, jakarta
Abu bakar, I, 1999, Rekayasa lalu lintas dan pengoperasian lalu lintas di wilayah perkotaan, direktorat jenderal perhubungan darat, jakarta
Kanafani, A., 1983 Transport Demand Analisys, Mc Graw Hill Book Co, New York
Radam , I.F., 2000, Biaya Operasi Kendaraan Bus Kota Di Surabaya Sebagai Fungsi Tundaan, Tesis Program Pascasarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Seuluh Nopember Surabaya, Surabaya
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v2i1.447
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/infotek.v2i1.447.g369
Article Metrics
Abstract view : 306 timesPDF - 337 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 INFO-TEKNIK
This work is licensed under a�Creative Commons Attribution 4.0 International License.�
Indexed By:
Citation :
SINTA 6 mulai Vol. 19 No. 2 2018 (SK NO. 164/E/KPT/2021)GOOGLE SCHOLAR : Sitasi = 78, H-index = 5, i10-index = 2
IPI :� Artikel = 100
IOS 3969 : Artikel = 239
�