Pengaruh Kualitas Layanan Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna XL di Kota Banjarmasin (Studi Pada Pengguna Paket Data Internet)
Abstract
The purpose of this research is to find out and examine the effect partially and simultaneously Service Quality (X1) and Price (X2) on Customer Satisfaction (Y) XL users in Banjarmasin city. This study uses a quantitative approach with an associative type. The population in the study were all XL 4G users or consumers in Banjarmasin City. The total sample was 120 people using accidental sampling. The data collection technique was using a questionnaire and the data analysis technique used was Multiple Linear Regression. The research results prove that Service Quality (X1) partially has a significant positive effect on Customer Satisfaction (Y) with the Sig. 0.037 <0.05. And Price (X2) partially has a significant positive effect on Customer Satisfaction (Y) with the value of Sig. 0.000 <0.05. The test results simultaneously show that service quality (X1) and price (X2) have a significant positive effect on customer satisfaction (Y) with the Sig. 0.000 <0.05.
Keywords : Service Quality, Price, and Customer Satisfaction
Full Text:
PDFReferences
Alimul, Hidayat. 2007. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Angipora Marius P., 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ardhana, Oldy. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (studi pada bengkel caesar Semarang). Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003, Service Marketing (3rd ed.), Tata McGraw. Hill, New Delhi.
Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management(terjemahan:Arief Subianto), Bayumedia Publishing.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.
____________. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Edisi Ke 4). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goetsch dan Davis, 1994 dalam Nasution 2005, Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management , Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor : 14-18.
Hansemark, Albinsson, 2004. "Customer satisfaction and retention: the experiences of individual employees", Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 14 Iss: 1, pp.40 – 57.
Huda. 2012. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan. Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irawan, H. 2004. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi. Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Alex.
Istijanto (2008). Riset Sumber Daya Manusia: Cara praktis mendeteksi dimensi-dimensi kerja karyawan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia. Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
____________________, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi. Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
VKotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks. Kelompok Gramedia.
___________, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kusumastuti, A. 2011. Pengenalan Pola Gelombang Khas dengan Interpolasi. Jurnal CAUCHY, 2(1): 7-12.
Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
_______________________, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Lupiyoadi,. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktik. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Manorek, Satri L. 2016. The Influence Of Brand Image Advertising, Perceived Price Toward Consumer Purchase Intention (Case Study :Samsung Smartphone). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Manado.
Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
Prabowo, Indra KG. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Prawira, A. 2010. Metodelogi Penelitian Jilid 1. Jogyakarta: PT Grasindo.
Purnama .2006. Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi. Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi.
Saidani. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol 3. No 1. Jakarta.
Saleleng. 2014. Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel di Kelurahan Bahu. Jurnal EMBA. Vol. 2. No.3. Bahu.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setiawan, Arief. 2012. Jurnal Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan. Pembelian Ramayana. Vol 14 No.2.
Setio, Ari. 2012. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT.TIKI cabang Semarang. MANAGEMENT ANALYSIS JOURNAL. Vol 1. No. 1. Semarang.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
________. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________. 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarto dan Hetifa Sj. 2003. “Inovasi, Partisipasi dan Good governance”. Bandung: Yayasan Obor Indonesia.
Svwastha, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta.
Tangkilisan, Nogi Hessel. 2005. Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana. Indonesia : Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
_____________. 2005. Strategi Pemasaran I. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
_____________. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Wahyuni. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Hotel Anugrah Gladah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Manajemen. Yogyakarta.
Website :
www.gartner.com
www.gsmarena.com
www.republika.co.id
kompas.com
teknologi.bisnis.com
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/sbj.v1i2.12793
Article Metrics
Abstract view : 656 timesPDF - 1244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Smart Business Journal (SBJ) :ultimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks: