PERSEPSI PELAJAR SMA NEGERI 1 BANJARMASIN DAN SMA NEGERI 2 BANJARMASIN TERHADAP PERNIKAHAN USIA DINI

Desyi Tri Oktiviani, Eva Alviawati, Karunia Puji Hastuti

Abstract


Penelitian ini berjudul “Persepsi Pelajar SMA Negeri 1 Banjarmasin dan SMA Negeri 2 Banjarmasin Terhadap Pernikahan Usia Dini”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelajar SMA Negeri 1 Banjarmasin dan pelajar SMA Negeri 2 Banjarmasin terhadap pernikahan usia dini.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelajar SMA Negeri 1 Banjarmasin dan SMA Negeri 2 Banjarmasin, yang berjumlah 1714 pelajar. Sampel yang dijadikan responden adalah sebanyak 313 reponden, yang terdiri dari 143 responden dari SMA Negeri 1 Banjarmasin dan 170 responden dari SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, sedangkan data sekunder menggunakan teknik studi dokumen dan studi kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik persentase untuk mengetahui besarnya persentase dari tiap-tiap pertanyaan yang diajukan dalam kuisioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar SMA Negeri 1 Banjarmasin dan pelajar SMA Negeri 2 Banjarmasin mempunyai persepsi yang negatif (tidak setuju) terhadap pernikahan usia dini. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima.

 

Kata Kunci: Persepsi, Pelajar, Pernikahan Usia Dini.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v3i1.1318

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License