KEBISINGAN LALU LINTAS KENDARAAN BERMOTOR PADA RUAS JALAN DI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kebisingan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor pada Ruas Jalan di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kendaraan bermotor, skala intensitas tingkat kebisingan, dan hubungan antara jumlah kendaraan bermotor dengan tingkat kebisingan pada jam sibuk pagi (07.00-08.30), siang (12.30-14.00) dan sore 16.30-18.00).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kendaraan bermotor yang melintas pada jalan arteri primer dan sekunder di kecamatan Banjarmasin Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kendaraan bernotor yang melintas pada tiap ruas jalan arteri primer dan sekunder di Banjarmasin Selatan. Tehnik pengumpulan data berdasarkan data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui observasi, dan data sekunder didapat dari studi dokumen. Pengolahan data dengan cara editing dan tabulasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi, banyak kelas, kelas interval dan rumus persentase.
Hasil dari penelitian adalah jumlah kendaraan yang melintas pada jam 07.00-08.30 adalah sangat banyak 83-86, pada jam 12.30-14.00 adalah sangat banayak 82-85, pada jam 16.30-18.00 adalah sangat banyak 79-81. Skala intensitas tingkat kebisingan pada jam 07.00-08.30 adalah kuat (60-70) dan sangat hiruk (80-90), jam 12.30-14.00 adalah kuat (60-70) dan sangat hiruk (80-90) dan pada jam 16.30-18.30 adalah kuat (60-70) dan sangat hiruk (80-90). Hubungan jumlah kendaraan dengan skala intensitas tingkat kebisingan pada jam 07.00-08.30 adalah sangat tinggi (0,865 > 0,708 > 0,576), pada jam 12.30-14.00 hubunganya sangat tinggi (0,949 > 0,708 > 0,576) dan pada jam 16.30-18.00 hubunganya sangat tinggi (0,998 > 0,708 > 0,576).
Kata Kunci : Kebisingan, Lalu Lintas, Kendaraan Bermotor.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto.2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta. Rineka Cipta.
Djalante.2012. Analisis Tingkat Kebisingan di Jalan Raya yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL), Studi Kasus; Simpang Ade Swalayan (online), (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/647, diakses 29 Januari 2014 ).
Huboyo, dkk.2008. Pengendalian Bising Dan Bau.
Ikron, dkk.2005. Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas Jalan Terhadap Ganguan Kesehatan Psikologis Anak SDN Cipinang Muara Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta (http://journal.ui.ac.id/health/article/viewFile/229/225, diakses 28 Januari 2014 ).
Kadir.2006. Transportasi ;Peran dan Dampaknya dalam Ekonomi Nasional (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15980/1/wah-apr2006-%20(6).pdf, diakses 29 Januari 2014).
Kusumaningrum, dkk.2007. Hubungan Antara Tingkat Kebisingan Dengan Gangguan Stres Masyarakat Di Pemukiman Sekitar Rel Kereta Api Srago Gede ( http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/motorik/article/download/10/11,diakses 27 Januari 2014 ).
Leksono.2009. Gambaran Kebisingan (http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/125420-S-5631-Gambaran%20kebisingan-Pendahuluan.pdf, diakses 30 Januari 2014 ).
Maulana, dkk.2011. Pemetaan Kebisingan di Lingkungan Kampus Politeknik (PENS-ITS) (online), (http://ejournal-repo.eepis-its.edu/1334/2/Paper.pdf , diakses 3 Februari 2014).
Margono.2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta.
Ngadiyana, dkk. 2011. Pedoman Penulisan karya Ilmiah. Yogyakarta. Eja Publisher.
Pradana Arcipta. 2013. Hubungan Kebisingan dengan Stress Kerja Pada Pekerja Bagian Gravity PT Dua Kelinci. (Online) (http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/331/jiptummpp-gdl-jou-2013-PradanaA-16517-Hubungan.pdf, diakses 1 06 2014 )
Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan 1992. Jakarta. Sinar Grafika.
Rubiyanti.2009. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Evaluasi Kepadatan Lalu Lintas Jalan Arteri Primer dan Sekunder Di Kota Surabaya.
Sudijono.2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.
Sukarto.2006. Transportasi Perkotaan dan Lingkungan (online), (http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/331/jiptummpp-gdl-jou-2009-haryonosuk-16517-Transpor-n.pdf, diakses 2 Februari 2014 ).
Sam.2012. Studi Model Hubungan Karakteristik Lalu Lintas dengan Tingkat Kebisingan Kendaraan pada Ruas Jalan Tol Ir. Sutami Makasar (online), (http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/2796/JURNAL%20TUGAS%20AKHIR.pdf?sequence=1, diakses 2 Februari 2014).
Setiawan, dkk.2001. Studi Awal Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Pada Jalan Tol Ruas Waru-Sidoarjo (http://fportfolio.petra.ac.id/user_files/01065/Tollway%20Noise%20Modelling.pdf, diakses 1 Februari 2014 ).
Sasmita.2012. Perencanaan Infrastruktur Transportasi Wilayah. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung.Alfabeta.
Warpani.2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung. ITB.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v1i2.1407
Article Metrics
Abstract view : 361 timesPDF - 726 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.