HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Gama Gazali Yusuf, Deasy Arisanty, Nevy Farista Aristin

Abstract


Penelitian ini berjudul “Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan antara Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian berjumlah 106 orang siswa dengan sampel total yang berjumlah 106 siswa kelas VII. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui angket berstruktur dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumenter dan wawancara berencana. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase dan korelasi pearson product moment.Hasil analisis dari korelasi product moment adalah 0,519. Nilai dari korelasi lebih besar dari r tabel pada tingkat kesalahan 5%, oleh karena itu korelasi antara kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam studi kasus di SMP Negeri 2 Kandangan Kelas VII berada pada tingkat korelasi cukup. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemandirian belajar di rumah (sekitar 73,29%). Kebanyakan nilai UTS yang  diperoleh  berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

Kata kunci: kemandirian belajar di rumah dan hasil belajar

 

 

JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Volume 4 No 1 Januari 2017

Halaman 8-18

 

e-ISSN : 2356-5225

http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg

 HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR  SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII  DI SMP NEGERI 2 KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Full Text:

PDF

References


Febriastuti, Yunita Dwi. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Skripsi Pendidikan Fisika. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/19767/1/4201409107.pdf). diakses pada tanggal 16 Januari 2016 pukul 22:05 WITA.

Khairunnisa, Iin dan Sugiharsono.2015. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Problem Solving Dan TAI Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS.Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan IPS,Vol 2 No. (1). (Online). (http://journal.uny.ac.id/ index.php/hsjpi/ article/view/4599/4493) diakses pada tanggal 19 September 2015 pukul 20:56 WITA.

Kurniawati, Dewi. 2010. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMP N 2 Sewon Bantul. Skripsi Pendidikan Matematika. (Online). (https://core.ac.uk/download/files/335/ 11059961.pdf) diakses pada tanggal 5 Maret 2016 pukul 14:50 WITA.

Martrianingtyas, Laurensia Ajeng dan Syamsu Hadi. 2014. Pengruh Pendidikan Karakter Dan Kondisi Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Melalui Perhatian Orang Tua Siswa (studi kelas VIII SMP N 32 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014). Pendidikan Ekonomi Jurnal Analisis. Vol. 3 No. (2). (Online). (journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/ view/3956/3825) diakses pada tanggal 28 Februari 2016 pukul 1:06 WITA.

Nurhayati, Imam Suyanto dan Joharman. Pengaruh Keharmonisan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD. Vol. 1 No. (2). (Online). (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/pgsdkebumen/article/ view/571/286) diakses pada tanggal 27 Februari 2016 pukul 23:05 WITA.

Purwanto, Tri. 2013. Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi Pendidikan Teknik Mekatronika. (Online). (http://core.ac. uk/download/files/335/11067147.pdf) diakses pada tanggal 16 Januari 2016 pukul 23:05 WITA.

Rosyidah. 2010. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTsN Parung-Bogor.UIN. Jakarta. Skripsi Pendidikan Matematika. (Online). (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21624/1/ROSYIDAH-FITK.pdf). diakses pada tanggal 28 September 2015 pukul 22:57 WITA.

Rokayah, Novi., Rizal, Yon. dan Rusman, Tedi. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 1 No. (8) (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE/article/view/ 3343). diakses pada tanggal 29 September 2015 pukul 00:21 WITA.

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Bandung. Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v4i1.3024

Article Metrics

Abstract view : 916 times
PDF - 378 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License