FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE MUSEUM WASAKA KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN

Nurul Maulida, Ellyn Normelani, Sidharta Adyatma

Abstract


Museum Wasaka memilki daya tarik wisata budaya dengan keunikan tersendiri. Motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: ekonomi, pengetahuan, daya tarik, promosi, aksesbilitas, fasilitas, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif  yang dilaksanakan di Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Populasi dalam penelitian adalah wisatawan yang melakukan kunjungan di Museum Wasaka. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobabitas dengan cara aksidental. Wisatawan sebagai sampel berjumlah 100 jiwa. Pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen digunakan untuk uji validitas dan reabilitas, uji prasyarat data menggunakan uji normalitas, deskriptif persentase, dan analisis crosstabs dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perhitungan analisis crosstabs dan uji chi square, terdapat 6 variabel yang mempengaruhi motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Pengetahuan (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,045; daya tarik (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; promosi (X4) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; aksesbilitas (X5) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; fasilitas (X6) memiliki nilai signifikansi memiliki  sebesar 0,001 dan budaya (X7) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001.

Full Text:

PDF

References


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin. 2015. Kompilasi Wisata Seni dan Budaya Kota Banjarmasin. Banjarmasin.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 2015. Analisis Pasar Pariwisata Kalimantan Selatan. Banjarmasin.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan. 2016. Data Pengunjung Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan Wasaka. Banjarmasin.

Masyhuri dan Zainuddin,M. 2008. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Pendit, N.S. 2003. Ilmu Pariwisata, Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Liquidity Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2012, hlm. 153-158.

Sukmadinata, N. Saodah. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v5i1.4984

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License