FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE MUSEUM WASAKA KELURAHAN SUNGAI JINGAH KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
Nurul Maulida, Ellyn Normelani, Sidharta Adyatma
Abstract
Museum Wasaka memilki daya tarik wisata budaya dengan keunikan tersendiri. Motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: ekonomi, pengetahuan, daya tarik, promosi, aksesbilitas, fasilitas, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Populasi dalam penelitian adalah wisatawan yang melakukan kunjungan di Museum Wasaka. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobabitas dengan cara aksidental. Wisatawan sebagai sampel berjumlah 100 jiwa. Pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, angket, studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen digunakan untuk uji validitas dan reabilitas, uji prasyarat data menggunakan uji normalitas, deskriptif persentase, dan analisis crosstabs dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perhitungan analisis crosstabs dan uji chi square, terdapat 6 variabel yang mempengaruhi motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Pengetahuan (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,045; daya tarik (X3) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; promosi (X4) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; aksesbilitas (X5) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000; fasilitas (X6) memiliki nilai signifikansi memiliki sebesar 0,001 dan budaya (X7) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001.