FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEREMPUAN BERSTATUS MENIKAH UNTUK BEKERJA (STUDI KASUS DI KELURAHAN PEMURUS DALAM KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN)

Safariah Safariah, Ellyn Normelani, Deasy Arisanty

Abstract


Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja adalah umur, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan suami, dan jumlah tanggungan keluarga di Wilayah Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja di Wilayah Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perempuan yang bersatus menikah dan bekerja yang terdapat di RT.48 dan RW.04 sebesar 133 orang dari populasi 340 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah pengamatan langsung, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat data adalah uji normalitas, analisis deskriftif persentase, dan analisis crosstabs dengan uji chi-square. Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan analisis crosstabs dengan uji chi-square adalah terdapat pengaruh anatar tingkat pendidikan (X2) dengan keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja (Y), tingkat pendapatan suami (X3) dengan keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja (Y), dan jumlah tanggungan keluarga (X4) dengan keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja (Y) di Wilayah Kelurahan Pemurus Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Full Text:

XML XML

References


Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan. 2016. Kota Banjarmasin dalam Angka 2016. Kalimantan Selatan.

Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin. 2016. Kecamatan Banjarmasin Selatan dalam Angka 2016. Banjarmasin.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun. 2015. Profil Kependudukan Kota Banjarmasi.

Melati, R.R., dan Sujatmiko E. 2012. Kamus Geografi. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta: Bandung.

Yamin, Sofyan dan H. Kurniawan 2009. SPPS COMPLETE: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Salemba Infotek: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v5i2.5273

Article Metrics

Abstract view : 96 times
XML - 961 times XML - 961 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPG (Jurnal Pendidikan Geografi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

              

 

View My Stats

 JPG (Jurnal Pendidkan Geografi) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License