Pengembangan bola soft untuk mengembangkan keterampilan teknik dasar dan koordinasi gerak bolavoli di sekolah dasar

Eka Supriatna, Muhammad Suhairi

Abstract


Materi keterampilan teknik dasar dan koordinasi gerak sangat urgen untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun, pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum menguasi keterampilan gerak dasar maupun koordinasi gerak dengan baik. Salah satu kendala permasalahan yang terjadi adalah penggunaan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik perkembangan dan pertumbuhan siswa sehingga berpengaruh besar terhadap pencapaian hasil belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan sebuah media bola soft untuk pembelajaran keterampilan teknik dasar dan koordinasi gerak bolavoli. Subjek penelitian adalah siswa-siswi di SDN 16 Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berjumlah 25 siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan Lee & Owen. Adapun analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dengan justifikasi ahli media dan ahli pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil dari evaluasi ahli pembelajaran sebesar 89,6% kategori sangat baik; (2) Hasil dari evaluasi ahli media sebesar 85,2% kategori sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 77,1% dengan kategori layak, sedangkan hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase 80,1% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa inovasi pengembangan media bola soft ini layak untuk digunakan sebagai aktivitas untuk mengembangkan motorik keterampilan gerak dasar dan koordinasi gerak bolavoli.


Keywords


gerak dasar, bolavoli, bola soft

References


Akhmad, I. (2016). Sumber Belajar dan Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Campbell, K., Combs, C., Kovar, S., Napper-Owen, G., & Worrell, V. (2009). Elementary Teachers as Movement Educators. Boston: McGraw-Hill.

Crum, B. (2009). From Crisis to Revival-on Justification of PE as a School Subject and PE Curriculum Development in The Netherlands. Japanese Journal of Sport Education Studies, 28(2), 43–49. https://doi.org/10.7219/jjses.28.2_43

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dyson, B. (2014). Quality Physical Education: A Commentary on Effective Physical Education Teaching. Research Quarterly for Exercise and Sport, 85(2), 144–152. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.904155

Fatoni, R. A., Suroto, S., & Indahwati, N. (2021). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9539

Gustiawati, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31

Husdarta. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.

Irwanto, E. (2017). Metode Pembelajaran dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v5i2.379

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Developmentally Appropriate Practices). Jakarta: Kencana.

Krotee, M. L., & Bucher, C. A. (2007). Management of Physical Education and Sport (13th ed.). Boston: McGraw-Hill.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design: Computer-based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions (2nd ed.). San Francisco: John Wiley & Sons.

Lumintuarso, R. (2020). Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula. Yogyakarta: UNY Press.

Mahendra, A. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Masega, R. E., & Kristiyandaru, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Inovatif (Model IU-07-1) terhadap Hasil Belajar Passing Bawah dan Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 56–61.

Mashud, M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.2471.g2172

Mashud, M. (2016). Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(1), 75–86. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i1.2485

Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04

Mawarti, S. (2009). Permainan Bolavoli Mini untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v6i2.443

Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629

Pratiwi, E., & Oktaviani, M. N. (2017). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Penugasan Senam Segar Ceria. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 179–188. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4255

Rizky, O. B., & Chairuna, C. (2017). Studi Deskriptif Kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas a Paud It Baitul Izzah Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 16–18. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4258

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan SD/MI. Jakarta: PT Fajar Putra Grafika.

Setiana, I., Simanjuntak, V., & Supriatna, E. (2014). Pendekatan Media Bola Karet Passing Bawah Bola Voli Kelas IV SDN 01 Singkawang Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–10.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Education.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alphabeta.

Suhairi, M., Asmawi, M., Tangkudung, J., Hanif, A. S., & Dlis, F. (2020). Development of SMASH Skills Training Model on Volleyball Based on Interactive Multimedia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(06), 53–66. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i06.13405

Suhairi, M., & Dewi, U. (2020). Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Bermain Bolavoli (N. Hardika, ed.). Jakarta: CV. Niesha Mediatama.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10302

Article Metrics

Abstract view : 1011 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 991 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats