Pemanfaatan media pembelajaran berbasis information and communication technology selama pandemi covid-19 oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan

Lungit Wicaksono, Dimas Duta Putra Utama

Abstract


Media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada masa pandemi virus corona (covid-19) memiliki peranan strategis dalam aspek dunia pendidikan, karena adanya pembelajaran yang memanfaatkan ICT. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) selama masa pandemi virus corona dalam pemanfaatan atau penggunaan ICT untuk pelaksanaan pembelajaran PJOK SMA di Kota Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan melakukan penyebaran angket kepada guru PJOK berjumlah 70 orang, kemudian data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif menggunakan skala Likert yang diperkuat dengan wawancara kepada beberapa guru PJOK. Setelah dianalisis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pada umumnya kemampuan guru PJOK dalam memanfaatkan ICT relatif memiliki klasifikasi sedang dengan persentase (54,29%) sedangkan selama masa pandemi relatif memiliki klasifikasi sering sekali dengan persentase (66,67%). Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara bahwa guru sudah memanfaatkan ICT dalam pembelajaran PJOK sebagai media Pembelajarannya. Sehingga dapat disimpulkan guru PJOK dimasa pandemi virus corona menggunakan dan memanfaatkan ICT.


Keywords


Information and Communication Technology; Pengetahuan; Media Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Olahraga dan Kesehatan

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Adisel, G., & Prananosa, A. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat berpengaruh dalam media sosial pada masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT : Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1–10.

Barakina, E. Y., Popova, A. V., Gorokhova, S. S., & Voskovskaya, A. S. (2021). Digital Technologies and Artificial Intelligence Technologies in Education. European Journal of Contemporary Education, 10(2), 285–296. https://doi.org/10.13187/ejced.2021.2.285

Bayu, W. I., Syafaruddin, S., Yusfi, H., Syamsuramel, S., Solahuddin, S., & Victorian, A. R. (2021). Gambaran aktivitas fisik dan indeks massa tubuh calon guru pendidikan jasmani selama pandemi Covid-19. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 130. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10394

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.

Dewantara, A. H., B., A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Elina, Azhar, S., & Bahri, S. (2021). Analisis pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di masa pandemi covid-19 kelas 2 di SDN Cibodas 2 Tangerang. Jurnal Halaqah, 3(4), 114–120.

Fajar, D. A. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 1. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.627

Fatoni, R. A., Suroto, S., & Indahwati, N. (2021). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9539

Hashemy, S. A., Hayati, D., & Hashemy, Z. (2012). A Survey of the Application of Information Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2(1), 57–60. https://doi.org/10.7763/ijiet.2012.v2.83

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Jamilah. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(2), 89–114.

Mashud, M. (2016). Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(1), 75–86. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i1.2485

Mashud, M., Warni, H., Arifin, S., Ferry, M., Pebriyandi, P., & Kristiyandaru, A. (2021). The application of discord as an effort to increase students’ wellbeing in physical education learning during the COVID-19 emergency. Journal Sport Area, 6(3), 335–348. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6612

Moh Muslim. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Mujinem, Senen, A., Firmansyah, Hidayati, & K, S. P. (2021). Pelatihan penyusunan desain pembelajaran menyenangkan terintegrasi it dalam menunjang pembelajaran jarak jauh guru sekolah dasar. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 68–75.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109.

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis kebutuhan pembelajaran berbasis ict. Jurnal PETIK, 3(32), 28–32.

Nurdyansyah, & Widodo, A. (2017). Manajemen sekolah berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Purwasih, R., Komala, & Santana, F. D. T. (2020). Persepsi Mahasiswa Calon Pendidik terhadap Pembelajaran Daring Berbasis ICT pada Masa Pandemik Covid-19. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 10–18.

Riinawati. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.

Sadat, F. A. (2020). Penggunaan platform google classroom dan whatsapp sebagai media pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19. Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 11–18.

Selwyn, N. (2011). Education and Technology; Key Issues and Debates. Chennai, India: Continuum International Publishing Group.

seran, I. I. (2019). Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 25–31.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, A. (2007). Pemanfaatan ict dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh, 8(1), 83–98.

Unesco. (2011). Education for All Global Monitoring Report. Www.Edukasi.Kompas.Com.

Wicaksono, L., & Utama, D. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Ict Oleh Guru Penjas Kota Bandar Lampung. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 41–49. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.846

Winangun, I. M. A., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Inovatif Dimasa Pandemi Covid-19. CARAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v21i1.12226

Article Metrics

Abstract view : 858 times
PDF - 554 times Similarity Check - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats