Sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran mahasiswa olahraga

Tri Setyo Guntoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran mahasiswa olahraga (2) perbedaan sikap ilmiah, konsep diri akademik, dan capaian pembelajaran ditinjau dari jenis kelamin, (3) pengaruh sikap ilmiah, konsep diri akademik terhadap capaian pembelajaran mahasiswa olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif desain ex post facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu mahasiswa olahraga di prodi ilmu keolahragaan dan penjaskesrek, yang terdiri atas 59 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner Sikap Ilmiah (KSI), Skala Konsep Diri Akademik (SKDA), dan dokumentasi untuk mengetahui capaian pembelajaran mahasiswa yang dilihat berdasarkan IPK. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, anova dua jalur dan analisis jalur menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini yaitu (1) sikap ilmiah dan konsep diri akademik mahasiswa memiliki nilai rata-ratai tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah, konsep diri akademik dan capaian pembelajaran ditinjau dari jenis kelamin; (3) terdapat pengaruh sikap ilmiah dan konsep diri akademik terhadap capaian pembelajaran mahasiswa olahraga.


Keywords


sikap ilmiah; konsep diri; capaian pembelajaran

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ajizah, E., Jamaluddin, & Artayasa, I. (2022). Validitas Bahan AjarIPABerbasis Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap IlmiahPeserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4, 147-153. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1855

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Razavieh, A. (2018). Introduction to research in education (8th ed.). Wadsworth, Cengage Learning.

Atika, N., Nurhidayati, S., & Marzuki, I. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 04 Kopang Tahun Pembelajaran Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 04 Kopang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal pedago biologi, 10, 235 – 244. http://dx.doi.org/10.30651/pb:jppb.v10i1.14428

Bacon, L. (2011). Academic self-concept and academic achievement of African American students transitioning from urban to rural schools.

Burhan, Sigit, A., & Alwi, M. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga, Konsep Diri Akademik dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa UPPJB-UTMakassar (Studi Pada Mahasiswa Pendas Pokjar Tana Toraja). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 5, 69-83. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1591

Degeng, I. N. S. (1997). Rancangan penelitian. In L. I. Malang (Ed.), Dasar-dasar metodologi penelitian (pp. 31–40). Lemlit IKIP Malang.

Dramanu, B., & Balarabe, M. (2013). Relationship between academic self concept and academic performance of junior high school students in ghana. European Scientific Journal, 9, 93-104. https://doi.org/10.19044/esj.2013.v9n34p%25p

Gega, P. (1982). Science in elementary education. New York: John Wiley & Sons Ltd.

Guay, F., Marsh, H., & Boivin, M. (2003). Academic Self-Concept and Academic Achievement: Developmental Perspectives on Their Causal Ordering. Journal of Educational Psychology, 124-136. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.1.124

Hartono, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa. Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM), 2, Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM).

Hunaepi, H. (2019). Kajian literatur tentang pentingnya sikap ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajin Pendidikan Sains Dan Matematika (pp. 10-13). Mataram: IKIP Mataram. https://doi.org/10.31227/osf.io/mpueg

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Junaidi, J., & Neviyarni, N. (2022). Konsep Diri Mahasiswa Dalam Perkuliahan Micro Teaching Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNP. Naradidik: Journal of Education&Pedagogy, 1, 47-50. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.26

Kamila, Winahyu, K., & Damayanti, W. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 2, 1-6. https://doi.org/10.31000/jkft.v4i2.1986

Kusuma, M., Rosidin, U., & Viyanti. (2013). Pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar melalui strategi scaffolding-kooperatif. Jurnal pembelajaran fisika, 1, 23-33.

Lent, R., Brown, S., & Gore Jr, P. (1997). Discriminant and predictive validity of academic self-concept, academic self-efficacy, and mathematics-specific self-efficacy. ournal of Counseling Psychology, 44, 307–315. https://doi.org/10.1037/0022-0167.44.3.307

Liu, W., Wang, C., & Parkins, E. (2005). A longitudinal study of students' academic self-concept in a streamed setting: the Singapore context. Br J Educ Psychol, 567-586. https://doi.org/10.1348/000709905X42239

Marsh, H. W. (1988). Causal Effects of Academic Self- Concept on Academic Achievement : A Reanalysis of Newrnan ( 1984 ). Journal of Experimental Education, 52(2), 100–103. https://doi.org/10.1080/00220973.1988.10806472

Mashud, Rahmani, M., Didik,P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia : Article Review. Jendela Olahraga 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973

Matovu, M. (2012). Academic Self-Concept and Academic Achievement among University Students. International Online Journal of Educational Sciences, 107-116.

Nasution, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kolaboratif Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Gaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 116-124). Sumatra Utara: journal mahesacenter. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.179

Nikmah, D. N. (2015). Implementasi budaya akademik dan sikap ilmiah mahsiswa. Manajemen pendidikan, 24, 483-490.

Nurman, R., Hala, Y., & Bahri, A. (2018). Profil Keterampilan Metakognitif Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya (pp. 371-376).

Perceka, n., Erlinawati, N., & Rusyani, H. (2021). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semeseter 8 Program Studi S1 Keperwatan STIKes Karsa Husada Garut. Jurnal medika cendekia, 8, 66-74. https://doi.org/10.33482/medika.v8i2.170

Putra, M.F.P. (2017). Gaya Belajar, Motivasi Berprestasi, Locus of Control Dan Academic Self-Concept Mahasiswa Fik Uncen. Journal of Sport Science and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p1-7

Putra, Miftah Fariz Prima. (2020). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua? Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.24415

Putra, M. F. P, Degeng, I. N. S., & Dwiyogo, W. D. (2021). Orientasi lokus kendali mahasiswa olahraga. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(3), 225–236. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i3.11490

Putra, M.F.P, Nasruddin, Hasan, B., & Syam, M. . (2021a). Jiwa Kepemimpinan dan Tanggung Jawab Mahasiswa Olahraga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 87–94. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.50449

Putra, M. F. P. (2022). Validasi Alat Ukur Kepuasaan Pembelajaran Online: General Satisfaction Scale (GSS). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 582–591. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.45782

Putra, M. F. P. (2022a). Adaptasi dan Validasi Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS) Versi Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 437–444. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.499

Rady, H., Kabeer, S., & El-Nady, M. (2016). Relationship between Academic Self-Concept and Students’ Performance among School Age Children. American Journal of Nursing Science, 5, 295-302. https://doi.org/10.11648/j.ajns.20160506.19

Reigeluth, C.M. (1983). Instructional design: What is it and why is it? In Charles M. Reigeluth (Ed.), Instructional-design theories and models: an overview of their current status (pp. 3–36). Lawrence Erlbaum Assosiates.

Sari, F.F.K., Lahade, S.M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu 6(1), 797-802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973

Sawiji, S., Putra, G.A., Agustin, I.M. (2022). Fenomenologi Circle Pergaulan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 12(3). 615-622. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.81-90

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaandirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wahyudi. (2016). Analisis Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika STKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 1(2):20. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.123

Wicaksana, E. J., & Sanjaya, M. E. (2022). Model PjBL pada Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 193–200. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41181




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i1.14698

Article Metrics

Abstract view : 573 times
PDF - 409 times Similarity Check - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats