Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari perspektif masa kerja

Sudarso Sudarso, Suroto Suroto, Setiyo Hartoto, Vega Candra Dinata

Abstract


Penelitian survei ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kompetensi guru berdasarkan masa kerja. Sebanyak 56 guru PJOK SD (42 laki-laki dan 12 perempuan) menjadi subjek pengambilan data yang memanfaatkan Instrumen Pengukuran Kadar Keguruan Guru PJOK berbasis web (https://risetpjokindonesia.com). Empat kompetensi diukur yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional berdasarkan standar nasional pendidikan. Masa kerja diukur berdasarkan lamanya guru mengajar dalam hitungan semester. Pengukuran kompetensi masuk dalam kegiatan pengembangan keprofesionalan guru sehingga guru dapat didampingi saat mengisi instrumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif, persentase, dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial berkorelasi positif dengan masa kerja. Membuktikan bahwa kompetensi sosial berkembang dengan seiring berjalannya waktu. Kompetensi pedagogik dan profesional berada pada kategori biasa dan baik. Sedangkan kompetensi kepribadian guru dalam kategori hebat. Pembahasan berfokus pada pemanfaatan data kompetensi guru untuk keperluan peningkatan keprofesionalan guru menuju reflective teacher. Selain itu, dibahas juga tentang komunitas guru menjadi wahana yang strategis dalam peningkatan keprofesionalan guru.


Keywords


kompetesi; komunitas guru; masa kerja

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Basuki, S. (2019). Transparansi Rekrutmen Supervisor Pendidikan Jasmani pada Sekolah Dasar di Kota Banjarbaru. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7625

Dervent, F. (2015). The Effect of Reflective Thinking on the Teaching Practices of Preservice Physical Education Teachers. Issues in Educational Research, 25(3), 260–275. http://www.iier.org.au/iier25/dervent.pdf

Djaali. (2016). Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di LPTK. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 1–12. http://seminars.unj.ac.id/konaspi/file/Prosiding KONASPI VIII 2016.pdf

Döhrmann, M., Kaiser, G., & Blömeke, S. (2012). The Conceptualisation of Mathematics Competencies in the International Teacher Education Study TEDS-M. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 44(3), 325–340. https://doi.org/10.1007/s11858-012-0432-z

Eick, C. J. (2009). Tailoring National Standards to Early Science Teacher Identities: Building on Personal Histories to Support Beginning Practice. Journal of Science Teacher Education, 20(2), 135–156. https://doi.org/10.1007/s10972-009-9126-y

Faria, C. (2015). Making the Implicit Explicit: Environmental Teacher as a "Reflective Practitioner". Cultural Studies of Science Education, 10(2), 281–284. https://doi.org/10.1007/s11422-014-9608-x

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research In Education (6th ed.). Mc Graw HIll. New York

Goh, T. L., Moosbrugger, M., & Mello, D. (2020). Experiences of Preservice and In-Service Teachers in a Comprehensive School Physical Activity Infusion Curriculum. Education Sciences 2020, Vol. 10, Page 290, 10(10), 290. https://doi.org/10.3390/educsci10100290

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson Education, Upper Saddle River.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Iswahyuni, A. D. (2016). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi untuk Mengeliminasi Gap Persepsi Perguruan Tinggi dengan Industri. Ratih: Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 2(2). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/ratih/article/view/80

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Prosiding. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Jennings, P. A., Brown, J. L., Frank, J. L., Doyle, S., Oh, Y., Davis, R., Rasheed, D., DeWeese, A., DeMauro, A. A., Cham, H., & Greenberg, M. T. (2017). Impacts of the CARE for Teachers Program on Teachers’ Social and Emotional Competence and Classroom Interactions. Journal of Educational Psychology, 109(7), 1010–1028. https://doi.org/10.1037/edu0000187

Mariyana, R. (2014). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3296

Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Muhammad, H. N., Kumaat, N. A., Wibowo, S., & Arief, N. A. (2022). Analisis Kualitas Lulusan Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 43–56. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i1.12310

Ni`mah, I., Suntarti, N., & Tawar, T. (2022). Literasi Digital untuk Guru di Era Society 5.0. International Journal of Disabilities and Social Inclusion, 2(01), 27–34. https://doi.org/10.3333/ijodasi.v2i01.18

Pembangunan, H. R. P., Listyasari, W. D., & Soraya, E. (2018). Persepsi Guru Terhadap Peran Sekolah sebagai Komunitas Belajar Profesional dalam Perspektif Guru Sekolah Menengah Negeri di Wilayah Jakarta Pusat. IMPROVEMENT Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/improvement.v5i1.11233

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, 1 (2007).

Põldoja, H., Väljataga, T., Laanpere, M., & Tammets, K. (2014). Web-Based Self- and Peer-Assessment of Teachers’ Digital Competencies. World Wide Web, 17(2), 255–269. https://doi.org/10.1007/s11280-012-0176-2

Schonert-Reichl, K. A. (2017). Social and Emotional Learning and Teachers. Future of Children, 27(1), 137–155. https://doi.org/10.1353/foc.2017.0007

Şen, A. I. (2010). Effects of Peer Teaching and Microteaching on Teaching Skills of Pre-Service Physics Teachers. Egitim ve Bilim, 35(155), 78–88. http://egitimvebilim.ted.org.tr/index.php/EB/article/view/562/50

Sudirjo, E., Susilawati, D., Lengkana, A. S., & Alif, M. N.(2019). Pendampingan dan Pelatihan Keseimbangan Tubuh pada Guru PJOK Sekolah Dasar. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7619

Suroto. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Kadar Keguruan (Tingkat Kompetensi) Mahasiswa Calon Guru dan Guru PJOK Indonesia. Prosiding. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Subtema: Inovasi Pendidikan, 193–201. http://lppm.unesa.ac.id/semnasppm/prosiding2016/1_Inovasi_Pendidikan.pdf

Suroto, Prakoso, B. B., Priambodo, A., Khory, F. D., & Dinata, V. C. (2022). Web-Based Instruments for National Competences of Physical Education teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(3), 742–753. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.48911

Tynjälä, P., Virtanen, A., Klemola, U., Kostiainen, E., & Rasku-Puttonen, H. (2016). Developing Social Competence and Other Generic Skills in Teacher Education: Applying the Model of Integrative Pedagogy. European Journal of Teacher Education, 39(3), 368–387. https://doi.org/10.1080/02619768.2016.1171314

Vangrieken, K., Meredith, C., Packer, T., & Kyndt, E. (2017). Teacher Communities as a Context for Professional Development: A Systematic Review. Teaching and Teacher Education, 61, 47–59. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.10.001




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i1.15034

Article Metrics

Abstract view : 647 times
PDF - 432 times Similarity Check - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats