Pengembangan media pembelajaran bulutangkis berbasis aplikasi android

Nanang Kusnadi, Iman Rubiana, Haikal Millah

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran bulutangkis berbasis aplikasi android bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) mengadopsi langkah-langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall tapi hanya sampai pada langkah menghasilkan produk belum menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penilaian dari hasil validator ahli bulutangkis sebesar 94% ada pada kategori sangat baik, hasil validator ahli media pembelajaran sebesar 84% ada dalam kategori baik, dan hasil validator ahli teknologi sebesar 90% ada dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil angket validasi pakar ahli bulutangkis, media, dan teknologi, bahwa rancangan media pembelajaran bulutangkis berbasis aplikasi android untuk meningkatkan teknik dasar bulutangkis pada mahasiswa dinyatakan layak dengan persentase 89%.

Keywords


bulutangkis; aplikasi; android

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Aksan, H. (2012). Mahir Bulu Tangkis. Nuansa Cendekia.

Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 97–110. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120

Anshari, M., Almunawar, M. N., Shahrill, M., Wicaksono, D. K., & Huda, M. (2017). Smartphones Usage in the Classrooms: Learning Aid or Interference? Education and Information Technologies, 22(6), 3063–3079. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9572-7

Chia, C. R. U., & Susanti, W. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Virtual Classroom Berbasis Android dan Webhost. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 1(3), 160–165. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/527

Filiz, B., & Konukman, F. (2020). Teaching Strategies for Physical Education during the COVID-19 Pandemic: Editor: Ferman Konukman. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 91(9), 48–50. https://doi.org/10.1080/07303084.2020.1816099

Fraenkel, J., Wellen, N., & Hyun, H. (2012). How To Design and Evaluate Research In Education. McGraw-Hill Inc.

Fransiskus, Y., & Giap, Y. C. (2019). Pemanfaatan Web Service pada Website Olahraga Basket Berbasis Android. Jurnal ALGOR, 1(1), 42–48. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/224

Ginanjar, A., Suherman, A., Juliantine, T., & Hidayat, Y. (2020). Model Pendidikan Olah Raga berbasis Keterampilan Gerak Dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 43-54. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.24410

Grosse, S. J. (2020). The Challenge of Physical Education in the Post-Pandemic Era. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 92(2), 5–6. https://doi.org/10.1080/07303084.2021.1854019

Gusrinaldi, I., Irawan, R., Kiram, Y., & Edmizal, E. (2020). Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kemampuan Teknik Pukulan Dropshot Forehand Atlet Bulutangkis. Jurnal Patriot, 2(4), 1047–1060. https://doi.org/ 10.24036/patriot.v2i4.729

Hanafi, M., & Prastyana, B. R. (2020). Metodologi Kepelatihan Olahraga Tahapan & Penyusunan Program Latihan. Jakad Media Publishing.

Mockus, L., Dawson, H., Edel-Malizia, S., Shaffer, D., An, J., & Swaggerty, A. (2011). The Impact of Mobile Access on Motivation: Distance Education Student Perceptions. World Campus Learning Design, 4(5), 1–34. https://www.semanticscholar.org/paper/The-Impact-of-Mobile-Access-on-Motivation%3A-Distance-Mockus-Dawson/104523798487fe315615b7210a77967a51f399f5

Nurhasan. (2014). Tes dan Pengukuran Pendidikan Jasmani. FPOK UPI.

Oktaviyani, E. D., Ronaldo, D., & Arifin, M. (2019). Aplikasi Booking Kost Berbasis Android di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 1–11.

Patange, M. S., Student, P. G., & Farooqui, M. Z. (2019). IOT Assisted Farming. RJSE, 3(7), 736–739.3

Perdana, F. (2014). Gedung Persatuan Bulutangkis Semarang. IMAJI, 3(3), 199–208.

Pertiwi, R. K., & Sutama. (2020). Membudayakan Kelas Digital untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i42020p350

Pradana, A. G. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 49–53.

Pujianto, A. (2012). Modifikasi Pegangan Raket untuk meningkatkan Kemampuan Teknik Pegangan Bulutangkis. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.15294/miki.v2i1.2548

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 2018(1), 5-7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/7649

Setiawan, A., Effendi, F., & Toha, M. (2020). Akurasi Smash Forehand Bulutangkis Dikaitkan dengan Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 10(1), 50. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.949

Sukmandinata, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Rosda Karya.

Umam, A. K., & Widodo, A. (2017). Analisis Keterampilan Teknik Bermain pada Permainan Tunggal dan Ganda Putra dalam Cabang Olahraga Bulutangkis. Jurnal Kesehatan Olahraga, 05(03), 1-8.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara.

Utomo, M. (2015). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi pada Kelas SMA Negeri 1 Soko). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2). 434-442.

Vázquez-Cano, E. (2014). Mobile Distance Learning with Smartphones and Apps in Higher Education. Educational Sciences: Theory and Practice, 14(4), 1505–1520. https://doi.org/10.12738/estp.2014.4.2012

Wijaya, A. (2017). Analisis Gerak Keterampilan Servis dalam Permainan Bulutangkis (Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika). Indonesia Performance Journal, 1(2), 106–111. http://dx.doi.org/10.17977/um077v1i22017p106-111

Wu, Q. (2015). Designing A Smartphone App to Teach English (L2) Vocabulary. Computers & Education, 85, 170–179. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.02.013

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58. https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472

Yuliana, A. I., Astra, I. K. B., & Adi, I. P. P. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14833

Yuliawan, D. (2017). Bulu tangkis dasar. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15197

Article Metrics

Abstract view : 465 times
PDF - 210 times Similarity Check - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats