Penerapan bahan ajar passing bawah berbasis aplikasi bagi siswa sekolah dasar negeri 01 Perkebunan Tanah Itam Ulu

Samsuddin Siregar, Gomgom Hutasoit, Hariadi Hariadi

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan 79% guru sekolah dasar di Kabupaten Batubara masih menggunakan bahan ajar cetak dalam materi Pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bahan ajar berbasis aplikasi dalam meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) UPT Perkebunan Tanah Itamulu. Bahan ajar ini merupakan hasil riset pengembangan yang dilakukan melalui uji validitas, uji pemakaian (skala kecil dan skala besar). Penelitian ini dilakukan mulai bulan Juli 2022 sampai Oktober 2022 di Sekolah UPT SDN 01 Perkebunan Tanah Itam Ulu Kec. Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model Borg and Ghall. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 01 Perkebunan Tanah Itam Ulu sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian dilihat dari hasil penilaian ahli materi (90,4%) dan ahli media (90,1%). Hasil uji pemakaian skala kecil 84% (baik) dan skala besar 88,3% (baik). Berdasarkan data hasil penelitian ini maka bahan ajar passing bawah bola voli berbasis aplikasi layak digunakan siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli di SDN UPT Perkebunan Tanah Itam Ulu Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara. Dengan demikian bagi guru yang ingin mengajarkan passing bawah bola voli dapat menjadikan bahan ajar aplikasi ini sebagai salah satu pilihan bahan ajar pada siswa dalam materi passing bawah bola voli. karena bahan ajar ini dapat digunakan secara mandiri oleh siswa melalui handpone android.

Keywords


bahan ajar; aplikasi; passing; hasil belajar

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Beutelstahl, D. (2016). Belajar Bermain Bola Volley. Pioner Jaya. Bandung.

Borg, W.R. & Gall, M. D. G. (2007). Educational Research: An Introduction, Eighth Edition. Longman, Inc.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Firmansyah, D. (2015). Bahan Ajar Motor Learning. Ilmu Keolahragaan, UNJ.

Humiyati, H., Mashud, M., & Arifin, S. (2022). Development of Gradation Indicators for Achieving Competencies Specific Motion Skills Junior High School Floor Gymnastics. Competitor: Journal of Sports Coaching Education, 14(2), 225–241. https://doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.32913

Kasih, I., Faridah, E., Siregar, S., Bangun, S. Y., & Sinulingga, A. (2022). Effectiveness of Sensor-Based Media to Improve Referee Education. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 391–408. https://doi.org/10.46328/ijemst.2248

Komaruddin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Remaja Rosdakarya.

Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 538-543. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10930

Mashud, Syamsul, A., Kristiyandaru, A., Samodra, Y. T. J., Santika, I. G. P. N. A., & Suryadi, D. (2023). Integration of Project Based Learning Models with Interactive Multimedia : Innovative Efforts to Improve Student Breaststroke. Physical Education Of Students, 27(3), 112–119. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0303

Mashud, M., Tangkudung, J., & Widiastuti, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengarjar. Rajawali Pers.

Siregar, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam meningkatkan Keterampilan Forehand Drive Mahasiswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(1), 54–62. https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18455

Siregar, S., Kasih, I., & Pardilla, H. (2022). The Effectiveness of E-Learning-Based Volleyball Service Video Media on Students Affected by Covid-19 at Faculty of Sports Science, Universitas Negeri Medan. Teorìâ Ta Metodika Fìzičnogo Vihovannâ, 22(1), 7–13. https://doi.org/10.17309/tmfv.2022.1.01

Shidiq, A. A. P., Cahayani, P. M., Waluyo, W., & Iwandana, D. T. (2022). Tingkat Kreativitas Guru dalam Mengatasi Keterbatasan Prasarana Sarana Pembelajaran PJOK. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 6(1), 27–35. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i1.4480

Slavin, R. E., Samosir, M., & Sarwiji, B. (2019). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT Indeks. Jakarta.

Suciati. (2018). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar Interaktif. Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian dan Pengembangan. CV.Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In CV Alfabeta.

Tangkudung, J. (2016). Macam-Macam Metodologi Penelitian Uraian dan Contohnya. Lensa Media Pustaka Indonesia.

Taufiqy, I., Sulthoni, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model Guided-Project Based Learning. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 705–711. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6228

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Zimmer, W., & Matthews, S. D. (2021). A Virtual Coaching Model of Professional Development to Increase Teachers’ Digital Learning Competencies. Teaching and Teacher Education, 109(9). 1-16 https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103544




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i3.15610

Article Metrics

Abstract view : 485 times
PDF - 230 times Similarity Check - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats