Integrasi model pembelajaran PjBL dengan inklusi dalam pembelajaran lompat jauh

Lusiantri Lusiantri, Mashud Mashud

Abstract


Usaha untuk menghadapi masalah dalam dunia ini semakin mengalami gejala kompleks, untuk mempersiapkan diri bagi siswa salah satunya adalah melalui pendidikan. Olahraga adalah bagian besar dari warisan budaya kemanusiaan, banyak orang menikmati, berpartisipasi dan menontonnya. Olahraga dapat membantu dalam perkembangan tubuh dan pikiran, memungkinkan seseorang untuk memproses informasi dan memahami nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga. Salah satu materi pendidikan jasmani yang dipelajari ditingkat SMA/SMK adalah Atletik yang merupakan suatu cabang olahraga tertua dan juga dianggap sebagai ibu dari semua cabang olahraga. Lompat jauh adalah gerakan melompati bak yang dilakukan dengan cepat dan sesuai jalur tolakan pada satu kaki untuk mencapai lompatan sejauh mungkin. Lompat jauh sendiri memiliki empat tahapan, yaitu awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Guru merupakan fasilitator saat pembelajaran berlangsung dan harus berusaha memperhatikan proses kegiatan pembelajaran agar pembelajaran hanya terpusat pada guru tidak akan terjadi. Penerapan metode pembelajaran yang tepat sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran lompat jauh diantaranya yaitu integrasi metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan model pembelajaran Inklusi. Pengaplikasian integrasi dua metode pembelajaran tersebut sangat membantu siswa dalam memahami materi lompat jauh. Siswa mampu menyelesaikan rencana proyek dengan tingkatan kesulitan yang dipilih oleh mereka sendiri. Sehingga tingkat kecakapan berpikir kritis dan hasil belajar materi lompat jauh dapat tercapai sesuai dengan harapan. Bagi guru untuk terus berinovasi dengan mengaplikasikan metode-metode pembelajaran yang baru sehingga kedepannya lebih siap dan variatif dalam memberikan pembelajaran. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kecakapan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.


Keywords


lompat jauh; kecakapan berpikir kritis & hasil belajar; integrasi model PjBL dengan inklusi

Full Text:

PDF

References


Adhie, Octavianus Cahyanto. 2020. “The Effectiveness of Problem-Based Learning Approach in the Teaching of Hang Style Long Jump.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi 13(2):24–30. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v13i2.1152

Chatoupis, Constantine C. 2018. “Physical Education Teachers’ Use of Mosston and Ashworth’s Teaching Styles: A Literature Review.” The Physical Educator 75(5):880–900. https://doi.org/10.18666/TPE-2018-V75-I5-8292

Ferawati, Ferawati, dan Mashud Mashud. 2022. “Gaya Mengajar Inklusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bolo Voly Siswa Kelas VII.” Jurnal Patriot 4(4):273–86. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.870

Hasibuan, Molani Paulina, Ratih Permana Sari, dan Setiawaty Setiawaty. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembentukan Habits of Mind Siswa.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 3(2):119–29. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415

Hidayat, Mohamad Syarif. 2013. “Model Pendidikan Karakter Pada Madrasah Tsanawiyah Terpadu Cijeungjing di Lingkungan Pesantren.” Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana 1(2):151–64. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i2.175

Irviana, Ira. 2020. “Understanding the Learning Models Design for Indonesian Teacher.” International Journal of Asian Education 1(2):95–106. https://doi.org/ 10.46966/ijae.v1i2.40

Lestari, Gusrinda. 2017. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS VII YAYASAN DARUL ILMI MURNI DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018.” Univeristas Negeri Medan.

Mashud. 2023. Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning. diedit oleh P. Setya Mustafa dan T. Juni Samodra. Sidoarjo: Zifatama.

Muslimin, dan Henri Putra Ramadhan. 2017. “Cooperative Learning Jigsaw and Student Achievement Division Teams Results of Hang Style Long Jump.” International Journal of Physical Education, Sports and Health 4(3):191–96.

Putu bagus, I Made Yoga Parwata, dan I Made Astika Yasa. 2022. “Hubungan Indeks Massa Tubuh Overweight dengan Daya Ledak Otot Tungkai dalam Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Laki- Laki di Sma Negeri 8 Denpasar.” Jurnal Segar 10(2):68–77. https://doi.org/10.21009/segar/1002.03

Republik Indonesia. 2022. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Jakarta: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/203148/uu-no-11-tahun-2022.

Ridwan, M., dan Andi Sumanto. 2017. “Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Lompat Jauh.” Jurnal Performa Olahraga 2(01):69–81. https://doi.org/10.24036/jpo67019

Royhanah, Syaifatul Jannah, Mohammad Firdaus, dan Wardatus SYarifah. 2023. “Instrumen dalam Pengukuran Validasi Tes Hasil Belajar di SDN Candiburung 1 Pamekasan.” Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi 1(1):1–6. https://doi.org/10.28944/edupreneur.v1i1.801

Santoso, R. Eko, Diana Setiyani, dan Pardiman. 2021. “Studi Literatur Latihan Circuit Training Terhadap Kecepatan Lari Sprint 100 Meter Pada Cabang Olahraga Atletik.” Jurnal Ilmiah Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 10(2):63–68. https://doi.org/10.54438/tulip.v10i2.231

Saputro, Okta Aji, dan Theresia Sri Rayahub. 2020. “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1):185–93. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719

Sugiono, Waskito Aji Suryo Putro, Wahyu Retni Widya Ningsih, dan Tania A Manggaprow. 2022. “Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Menggunakan Tumpuan Satu Kaki Bergantian Dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universiats Pendidikan Munamamdiyah Sorong.” UNIMUDA SPORT JURNAL 3(2):45–55.

Syaputra, Deddy. 2019. “Penerapan Metode Silaba Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas I Sdn 111 Bengkulu Selatan.”

Utami, Ajeng. 2023. “Integrasi Kepentingan Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Dalam Pengembangan Taman Wisata Way Rarem.” UIN Raden Intan Lampung.

Wijaya, Apriyanda Kusuma. 2020. “Integrasi Model Pembelajaran Role Playing Dengan Multimedia Dalam Meningkatkan Keterampilan Partisipasi Sosial Siswa.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 9(1):98–113. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6420

Zega, FBSJ. 2018. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar lompat Jauh Melalui Metode Bermain pada Siswa Kelas X 2 SMA LKMD Sukaramai Kabupaten Kampar.” Universitas Islam Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16318

Article Metrics

Abstract view : 389 times
PDF - 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats